LKS Murid SD Menyesatkan Lambang Pancasila Ditarik dari Peredaran

ilustrasi
Lambang Pancasila

ilustrasi Lambang Pancasila

POJOKSUMUT.com, JEMBER—Pelecehan terhadap lambang negara kembali terjadi. Kali ini, harus menimpa murid SD di Jember, Jawa Timur. Pasalnya, buku lembar kerja siswa (LKS) SD yang beredar dianggap menyesatkan sila dan lambang Pancasila.

Alhasil, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Jember, Jawa Timur menarik peredaran buku tersebut.
Dikbud melarang peredaran buku itu dan meminta pertanggungjawaban penerbitnya. Permintaan penarikan buku sesat itu awalnya berdasarkan permintaan ormas Pemuda Pancasila.

Pasalnya ditemukan kesalahan pada buku LKS tersebut pada halaman 13. Yaitu butir sila tidak sesuai dengan lambang sebagaimana mestinya.

“Pada gambar pohon beringin ditunjukkan sebagai sila ke-2, kemudian pada gambar rantai disebutkan sebagai sila ke-3. Padi dan kapas sila ke-4 dan kepala banteng sila ke-5,” ujar Nanang Sugiarto, Ketua Pemuda Pancasila Jember.

LKS menyesatkan Pancasila ini, pertama kali ditemukan beredar di SDN 1, Mangli Kaliwates Jember.

“LKS ini merupakan Buku Tematik kelas 4 buku 1 Tema Indahnya Kebersamaan. Penerbitnya adalah CV Merah Putih. Kini keberadaan buku LKS tersebut, telah ditarik dari siswa,” tutur Muryani, Walikelas 4 SDN I Mangli.

LKS merupakan salah satu buku wajib, yang harus dimiliki siswa. Bentuknya latihan soal untuk melatih siswa dalam penguasaan materi, atau mata pelajaran.

Keberadaan buku ini dinilai telah meresahkan dan cenderung menyesatkan bagi peserta didik sekolah dasar. Atas temuan ini, pihak Kemendiknas Jember mengintruksikan segera menarik LKS tersebut dari peredarannya. (end/flo/jpnn/nin)



loading...

Feeds