3.129 Pendaftar D3 USU Bersaing Rebut Kuota 795 Orang

ilustrasi calon mahasiswa baru.
foto : dok/pojoksumut

ilustrasi calon mahasiswa baru. foto : dok/pojoksumut

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Sebanyak 3.129 pendaftar program Diploma III (D3) Universitas Sumatera Utara (USU) tahun 2016 harus saling bersaing ketat. Pasalnya, ribuan pendaftar tersebut harus berebut tempat lantaran kuota yang tersedia hanya 795 orang.

Para pendaftar pun mengikuti ujian tulis Seleksi Penerimaan Mahasiswa Program Diploma (SPMPD) USU Tahun 2016, yang ditempatkan di beberapa fakultas Kampus USU, Rabu (10/8/2016).

Dari jumlah peserta yang telah mendaftar berdasarkan laman website http://spmpd.usu.ac.id dan melakukan pencetakan kartu ujian, terdiri dari 812 orang kelompok IPA, 1.645 IPS dan 672 IPC.

Rektor USU Prof Runtung melalui Humas USU Bisru Hafi SSos MSi mengatakan, ujian tulis tersebut dimulai sejak pukul 08.00 s/d 09.30 WIB, yang diikuti oleh Kelompok IPA dan IPC dengan materi Kemampuan IPA (Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi).

Selanjutnya, pada sesi kedua ujian dimulai pukul 10.30 s/d 11.30 WIB dengan materi Kemampuan Verbal Dasar yang diikuti oleh ketiga kelompok ujian yaitu IPA, IPC dan IPS. Untuk materi kemampuan verbal dasar ini terdiri dari sub materi uji Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika Dasar. Sedangkan pada sesi terakhir ujian dimulai pukul 12.30 s/d 13.30 WIB dengan materi Kemampuan IPS yang terdiri dari pembahasan tentang Ekonomi, Geografi, dan Sejarah.

Sementara, Ketua Panitia SPMPD USU Tahun 2016 Prof Rosmayatimenambahkan, pada program D2 USU ini program studi pilihan untuk kelompok IPA berada di Fakultas MIPA (FMIPA). Terdiri dari program studi Stastistik, Teknik Informatika, Fisika (Instrumentasi & Elektronika), Kimia, serta Metrologi dan Instrumentasi. Sedangkan di Fakultas Farmasi, ada program studi Analisis Farmasi dan Makanan.


Untuk kelompok IPS, sambungnya, pilihan program studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Yaitu, Akuntansi, Keuangan dan Kesekretariatan. Selanjutnya, di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) program studi Pariwisata, Perpustakaan, Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang. Terakhir, di Fakultas ISIP (FISIP), ada satu program studi Administrasi Perpajakan.

“Program studi yang menerima calon mahasiswa baru untuk program D3 ini sebanyak 14, yang berada pada 5 fakultas. Untuk kuotanya diperkirakan akan menerima sebanyak 795 orang,” tukasnya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds