Harga Cabai Rawit Makin Pedas

ilustrasi 
Cabai
pixabay

ilustrasi Cabai pixabay

POJOKSUMUT.com, MEDAN – Harga cabai rawit dalam sepekan terakhir ini merangkak naik. Semula harga cabai berukuran kecil ini Rp24.000 per Kg, menjadi Rp30.000 hingga Rp32.000 per Kg.

Ekonom Sumut Gunawan Benjamin mengungkapkan, berdasarkan hasil pantauan pihaknya di lapangan, penyebab naik harga cabai rawit ini akibat kelangkaan pasokan. Kata dia, sejumlah pedagang mengeluhkan stok persediaan cabai kecil ini.

“Di tingkat distributor harga cabai rawit masih sebesar Rp30.000 per Kg. Jadi di tingkat pengecer harga cabai rawit diperkirakan berkisar 32.000 per Kg. Memang sejauh ini kebanyakan konsumen belum mengeluh dengan tingginya harga cabai rawit tersebut,” ujarnya Selasa (9/8).

Menurut Gunawan, meski kinerja harga cabai rawit yang mengalami kenaikan cukup signifikan, belum memberikan dampak kenaikan yang besar terhadap komoditas cabai lainnya. Salah satunya, cabai merah.

Sejauh ini, sambungnya, belum ada tanda-tanda kuat bahwa kenaikan harga cabai merah akan mengikuti jejak harga cabai rawit. Karena sampai hari ini pemantauan harga cabai merah di tingkat distributor masih sebesar Rp20.000 per Kg.

Justru harga cabai merah saat ini kembali turun dalam rentang harga Rp20.000 hingga Rp22.000 per kg, dari kisaran harga Rp24.000 sebelumnya.

“Karena konsumsi cabai rawit tidak sebanyak konsumsi cabai merah, dan rasa pedas makanan paling banyak disumbang dari cabai merah, walau demikian kenaikan cabai rawit ini perlu dievaluasi.”

“Tujuannya, agar tidak memberikan rentetan kenaikan pada komoditas cabai lainnya. Memang tidak perlu dikhawatirkan terlalu berlebihan, selama pasokan harga cabai merah terpenuhi.”

“Sebab, konsumen akan menyikapi kenaikan harga ini dengan melakukan sejumlah penyesuaian konsumsi,” ungkapnya.

(fir/sdf)



loading...

Feeds