Dua Napi Tanjunggusta Kendalikan Peredaran Narkoba dari Lapas

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Peredaran Narkoba dari dalam Lapas kembali terungkap. Kali ini, dua narapidana Lapas Tanjunggusta, Medan ditangkap Reserse Narkoba Polda Sumatera Utara. Keduanya ditangkap karena mengendalikan masuknya narkoba dari Malaysia ke Sumut.

NMY dan S yang sebelumnya tersangkut kasus yang sama ini diciduk berdasarkan pengembangan dari tertangkapnya seorang WN Malaysia berinisial MFBS saat berupaya menyelundupkan sabu 1,025 kilogram ke Sumut.

Pria bertubuh gempal ini diringkus begitu pesawat AirAsia yang ditumpanginya mendarat di Bandara Internasional Kualanamu (KNIA).

Kepala Kantor Bea Cukai Kualanamu, Zaky Firmansyah menyatakan, MFBS diamankan pada Kamis sore minggu lalu. Menurut dia, barang bukti itu ditemukan dari selangkangan MFBS yang dibalut dengan kaos kaki.

Selanjutnya, Bea Cukai Kualanamu melakukan pengembangan. Hasilnya, seorang tersangka bernisial MYA ditangkap di salah hotel daerah Kota Medan.

“Diduga pemilik barang bernisial NMY dan S (narapidana di Lapas Tanjunggusta). Semua tersangka ada 4 orang, seorang WN Malaysia dan tiga lagi warga Medan,” kata Zaky seperti diberitakan Sumut Pos (grup pojoksumut.com) hari ini (11/8/2016).

Atas perbuatannya, keempat tersangka melanggar UU No 17/2006 tentang Perubahan atas UU No 10/1995 tentang Kepabeanan dan UU No 35/2009 tentang Narkotika.

“Semuanya diancaman hukuman mati,” tambah Zaky.

Sementara, Direktur Reserse Narkoba Poldasu, Kombes Pol Edi Iswanto mengaku, pengungkapan kasus narkoba di bandara ini, baru kali pertama berhasil diungkap. Disebut, pihaknya berhasil mendapat pengirim, penjemput dan pemesan.

“Kami sedang cari HP kedua tersangka di Lapas,” singkatnya. (rpg/ray/jpnn/nin)



loading...

Feeds