Bus Rombongan Persib Tabrakan, 40 Penumpang Panik

Kondisi bus yang terlibat insiden tabrakkan.

Kondisi bus yang terlibat insiden tabrakkan.

POJOKJABAR.com, BEKASI-Bus rombongan Persib Bandung dapat musibah. Bus pariwisata yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan di KM 12, tepatnya tol Bekasi Barat, Kamis (11/8/2016).

Bus pariwisata bernopol B 7076 IZ itu menyeruduk bus Mayasari Bhakti jurusan Grogol-Bekasi yang berhenti mendadak di lokasi. Diduga kecelakaan ini terjadi lantaran rem blong.

Untungnya, dalam peristiwa yang terjadi pukul 10.30 itu tidak ada korban jiwa. Rombongan berjumlah 40 orang yang terdiri dari pemain dan ofisial itu rencananya menuju Bogor untuk latihan persiapan laga pada Sabtu (13/8/2016) di Stadion Pakansari, Cibinong.

Informasi yang dihimpun dari Jasa Marga, kecelakaan tanpa korban jiwa itu berawal saat bus Persib memasuki Kota Bekasi dengan melaju di kecepatan 60 Km/jam. Melintasi KM 12, bus Mayasari Bhakti yang berada di depan bus rombongan mendadak berhenti karena kemacetan di depannya. Mayasari Bhakti berhenti dengan jarak sekitar 20 meter di depan bus rombongan tim berjuluk Maung Bandung ini.

Melihat manuver bus di depan yang berhenti mendadak, sopir bus Persib mencoba memperlambat laju bus dengan menginjak rem. Apesnya, rem yang diinjak secara mendadak itu diduga blong dan terus melaju. Hingga akhirnya braaaakkk! Bus menyeruduk bagian belakang Mayasari Bhakti.

Akibat benturan keras itu, kaca depan bus rombongan Persib hancur. Body depan penyok. Kaca belakang bus Mayasari turut pecah berantakan. Saat diperiksa tidak ada penumpang yang mengalami luka serius, hanya panik akibat benturan keras.

Juru Bicara PT Jasa Marga, Iwan Abrianto mengatakan kecelakaan itu terjadi akibat rem bus bernopol B 7076 IZ tidak berfungsi dengan baik. Dan akhirnya sopir bus tidak bisa menguasai laju bus.

“Dugaan sementara rem bus tidak berfungsi dan menabrak bus Mayasari Bhakti yang ada di depannya,” ungkap Iwan.

Iwan menambahkan menurut pengakuan saksi, benturan cukup keras yang mengakibatkan kaca depan dan bagian depan bus penyok. Bagian belakang Mayasari Bakti juga mengalami hal serupa. Selain itu, jarak antara bus Persib dan bus di depannya sangat dekat, sehingga sopir tak mampu mengendalikan laju bus tersebut.

Penumpang yang berjumlah 40 orang dilaporkan selamat dan untuk meneruskan perjalanan dipindahkan ke bus lain menuju Bogor. “Karena jarak terlalu dekat, sopir panik karena bus di depannya berhenti mendadak dan rem tidak berfungsi dengan baik. Tapi 40 penumpang dilaporkan selamat,” ujar Iwan seraya menyebut dua bus yang terlibat kecelakaan itu dievakuasi ke pool Jatibening. (dat/pojokjabar)



loading...

Feeds