Ditipu Hingga Rp10 Miliar, Puluhan Nasabah Koperasi Naungan BNI Demo

Suasana ketika aksi unjuk rasa berlangsung di depan Bank BNI Jalan Merdeka, Kelurahan Dwikora, Siantar Barat, Selasa (16/8/2016).
FOTO : freddy sihombing/metrosiantar/jpg

Suasana ketika aksi unjuk rasa berlangsung di depan Bank BNI Jalan Merdeka, Kelurahan Dwikora, Siantar Barat, Selasa (16/8/2016). FOTO : freddy sihombing/metrosiantar/jpg

POJOKSUMUT.com, SIANTAR-Sebanyak 50 nasabah Bank Nasional Indonesia (BNI) cabang Pematangsiantar mendemo bank tersebut, Selasa (16/8/2016) di Jalan Merdeka, Kelurahan Proklamasi, Siantar Barat..

Mereka adalah nasabah Koperasi Swadharma yang dikelola Bank itu diduga menjadi korban penipuan. Akibatnya, kerugian seluruh nasabah itu mencapai Rp10 M. ‘

Dengan nada tinggi, para nasabah menyuarakan agar uang yang mereka simpan di koperasi tersebut segera dikembalikan.

Sembari berdemo, para nasabah terlihat membawa sejumlah karton yang bertuliskan “Bapak Presiden, kami korban penipuan koperasi BNI”.

“Awas hati-hati di BNI Siantar ada tikus berdasi yang makan uang nasabah”, “Hai Rahmat, kembalikan uang kami. Pecat Rahmat, pecat Fahrul, selamatkan BNI Kota Siantar”.

Sejumlah nama yang dituliskan para nasabah di kertas karton itu seperti Rahmat merupakan pengurus koperasi serta Fahrul merupakan Pimpinan BNI cabang Pematangsiantar.

Ditemui di sela-sela aksi demo, M br Pasaribu, salah satu nasabah yang turut melakukan aksi demo menuturkan bahwa masing-masing nasabah yang tertipu mengalami kerugian ratusan juta rupiah.

“Ada koperasi di BNI ini. Koperasi Swadharma namanya, kami semua anggota koperasi itu. Ada sekitar 50 orang kami. Kami ingin uang kami kembali. Masing-masing kerugiannya ratusan juta lah. Kalau uangku 150 juta,” ucapnya.

Warga Perumnas Batu IV, Kecamatan Siantar, Simalungun ini menambahkan bahwa pada bulan Februari 2016, dirinya sudah pernah mencoba meminta uang tersebut namun tidak ada jawaban yang pasti dari pengelola koperasi.

“Bulan Februari yang lalu aku sudah pernah mencoba mengambil uangku itu, tapi nggak dikasih. Sabar-sabar aja jawabannya. Sampai sekarang pun belum dikembalikan uang itu,” lanjutnya.

Dan hingga sekira pukul 13.30 WIB, aksi unjuk rasa masih terus berlangsung. Belum ada solusi atas permasalahan itu. Pihak BNI maupun pengelola koperasi pun belum memberikan keterangan resmi atas permasalahan itu. (fes/ms/jpg/nin)



loading...

Feeds