2017, Dinkes Medan Targetkan Miliki RS Rehabilitasi Narkoba

Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso .

Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso .

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan berencana membangun rumah sakit (RS) rehabilitasi narkoba. Pasalnya, hingga kini Kota terbesar ketiga di Indonesia ini belum memiliki rumah sakit khusus bagi pecandu narkoba.

“Belum ada memang rumah sakit untuk rehab narkoba. Tapi, itu sudah direncanakan, dan saat ini sedang dalam tahap pencarian lahan untuk pembangunannya,” ujar Usma kepada wartawan, Selasa (1/11/2016).

Dia mengaku, rencana pembangunan RS tersebut sudah menjadi komitmen dari Wali Kota Medan. Ditargetkan, pada tahun 2017 sudah dapat berdiri. Hal ini mengingat tingginya jumlah pengguna narkoba di Medan.

“Wali kota (Medan) berkomitmen untuk mendirikannya,” kata Usma.

Menurut dia, sebetulnya rencana ini sudah lama diproyeksikan oleh pemerintah. Namun dikarenakan ketiadaan lahan dan anggaran, pembangunan RS ini belum bisa berlangsung.

Apalagi, bahwasanya pemerintah juga akan dibebankan untuk menangung biaya rehab bagi pecandu narkoba. Jumlahnya malah mencapai sebesar Rp1,5 juta per orang. Makanya sekarang sedang menyusun anggaran khusus untuk ini.

Disinggung kenapa tidak memanfaatkan rumah sakit pemerintah yang telah ada (RSUD dr Pirngadi Medan) sebagai RS untuk rehabilitasi narkoba, Usma menyatakan hal itu tidak mungkin. Sebab, RSUD dr Pirngadi Medan untuk pelayanan penyakit umum saja sudah overload.



loading...

Feeds