Sebut Essien Gabung Klub Tak Terkenal, Penulis Inggris Ini Dihujat

Michael Essien berfoto bersama manajemen Persib sambil menunjukkan jersey Persib bernomor punggung 5. Foto: Ferry Prakosa

Michael Essien berfoto bersama manajemen Persib sambil menunjukkan jersey Persib bernomor punggung 5. Foto: Ferry Prakosa

POJOKSUMUT.com, KEBERHASILAN Persib Bandung menggaet Michael Essien berdampak besar bagi persepakbolaan Indonesia.

Sayangnya, hal negatif juga menyertai berita gembira ini. Satu diantaranya, saat penulis senior asal Inggris, Alex mengupas soal kepindahan Michael Essien di media online olahraga terkenal, Givemesport.

Seperti dilansir laman offside, Aex menurunkan naskah dengan judul Ex-Chelsea star Michael Essien has joined a club you have never heard of.

Yang kalau diterjemahkan, cukup melecehkan nama besar Persib Bandung. “Eks Bintang Chelsea Michael Essien Bergabung dengan Klub yang Tak Pernah Dikenal”.

Ya, bisa jadi bagi orang Eropa, memang begitu faktanya. Namun di kawasan Asia, Persib memang lumayan dikenal.

McCarthy yang juga merupakan fans berat Newcastle United itu mendeskripsikan nasib Essien yang sempat jadi salah satu gelandang terbaik di Eropa.

Pria yang tinggal di Hemel Hempstead, sekitar 39 km barat laut London, tersebut pun juga mengungkapkan jika Essien gagal mendapatkan klub tahun lalu.

Akhirnya, Essien “terdampar” di klub yang menurut McCarthy, tak pernah terdengar sebelumnya. Tulisannya bisa dilihat di link ini;

http://www.givemesport.com/1006268-exchelsea-star-michael-essien-has-joined-a-club-you-have-never-heard-of

Alhasil, tulisannya ditanggapi fans sepakbola Indonesia, khususnya bobotoh-fans Persib Bandung. Mengingat laman Givemesport juga termasuk online olahraga yang banyak dibaca pecinta tanah air.

Komentar pedas salah satunya datang dari Arie Satriadi dari PT. Pulau Biru Sundantara dan seorang musisi dengan akun Avenged Revolver, sampai menyertakan link:
http://www.thetoptens.com/best-football-soccer-club/.

“Apa Anda lupa, di website internasional pada 2013 Persib paling populer di dunia. Pada 2015 Persib berada di posisi ketiga di bawah Barcelona dan Real Madrid,” ujar keduanya dengan bahasa hampir sama.

“Tak pernah dengar? Apakah Anda tak pernah membaca koran, artikel, atau mungkin jurnal akademik yang ditulis dalam bahasa Inggris? Bacalah. Itu bisa membantu membuat judul yang lebih baik,” komentar Tisna Prabasmoro, bobotoh yang tinggal di Bandung.

Ada puluhan komentar yang membuat kuping panas, kebanyakan dalam bahasa Inggris. Namun di antara orang Indonesia, ada pula komen menarik dari seorang bule.

“Aku dari Eropa dan tahu tentang Persib,” ujar Nuno Cópio, seorang insinyur penerbangan dari SR Technics yang bermarkas di Inggris.

Foto kombinasi kiri (Alex McCarty) kanan unggahan fans sepakbola Indonesia.
foto : offside

Banyak pembaca mem-bully sang penulis dengan kata-kata kasar, namun ada pula yang sopan, bahkan kocak. Salah satunya dari Eko Noer Kristiyanto.

“Justru aku baru dengar ada klub namanya Chelsea. Niru Chelsea Olivia gitu ya,” canda pria yang bekerja di Kementerian Hukum dan HAM itu. (*/offside/nin/pojoksumut)



loading...

Feeds