Partai Anti Islam Kalah di Pemilu Belanda

Geert Wilders
foto : Mike Stone / Reuters

Geert Wilders foto : Mike Stone / Reuters

POJOKSUMUT.com, AMSTERDAM-Pemilihan Umum (Pemilu) Belanda telah usai, Kamis (16/3/2017) WIB.

Hasilnya Partai Kebebasan yang dikenal anti terhadap Islam mengalami kekalahan dalam Pemilu ini dengan hanya memperoleh 18% suara.

Sedangkan, Partai pimpinan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte memenangkan kursi terbanyak dalam pemilihan parlemen, dengan meraih 31 dari 150 kursi.

Sebelumnya, partai pimpinan Wilders unggul jauh dalam jajak pendapat, namun dukungan untuk mereka memudar dalam beberapa hari terakhir. Dalam penghitungan sementara, hitung Kamis pagi, VVD hanya memperoleh 17,8%.

“Hari ini adalah pesta demokrasi, Rakyat Belanda telah mengatakan tidak untuk populisme yang salah,” ujar PM Rutte seperti dilansir BBC, Kamis (16/3/2017)

Partai VVD pimpinan PM Rutte telah kehilangan beberapa kursi sejak pemilu terakhir, dan dalam Pemilu ini mereka awalnya diperkirakan akan makin terpuruk akibat dukungan beralih kepada Partai Kebebasan Geert Wilders.

Namun hasil awal ternyata menunjukkan sebaliknya.

Para pengamat beranggapan, partai-partai liberal dan pro-Uni Eropa diuntungkan oleh tingginya angka pemilih.

Partisipasi dalam pemilihan umum kali ini mencatat rekor tertinggi selama 30 tahun, dengan 81% pemilih.

Dunia memantau Pemilu Belanda ini dengan seksama, sebagai indikasi bagaimana partai-partai populis anti pendatang itu mendapat dukungan dalam pemilu di sejumlah negara Uni Eropa lain.

Sedangkan Wilders dari dulu dengan tegas melarang pembangunan masjid di Belanda mengucapkan selamat kepada PM Rutte. Dia berjanji bahwa partainya akan menjadi oposisi yang tegas di parlemen.

”Saya lebih suka menjadi partai terbesar,” katanya kepada wartawan di luar kantornya di parlemen, seperti dikutip Reuters, Kamis (16/3/2017). (*/BBC/Reuters/nin/pojoksumut)



loading...

Feeds

Mari Selamatkan Hutan Batangtoru

"Selama ini yang terjadi, apalagi di Sumatera Utara, upaya konservasi selalu kalah dengan industri. Selain advokasi, yang harus dilakukan adalah …