Simak! MUI Medan Sebut Vasektomi dan Tubektomi Itu Haram

ilustrasi vasektomi

ilustrasi vasektomi

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Pemerintah memang mencoba kembali menggalakkan program Keluarga Berencana (KB). Hal ini dilakukan guna mengendalikan lonjakan jumlah penduduk, selain untuk mengejar bonus demografi di tahun 2030.

Namun begitu, dalam menggalakkan program KB tidak semua alat kontrasepsi (alkon) direkomendasikan untuk digunakan dalam mengendalikan jumlah kelahiran anak.

Pelarangan dilakukan pada KB vasektomi dan tubektomi.

“MUI memang memperbolehkan program KB, asalkan tidak bertentangan dengan hukum Islam. Tetapi, untuk vasektomi dan tubektomi MUI tidak merekomendasikannya. Tidak merekomendasikan artiannya haram,” kata Ketua MUI Cabang Medan, Prof Mohammad Hatta, kepada wartawan di Medan.

Akan tetapi, jelas Hatta di luar kedua program tersebut, KB jenis lain seperti pil, spiral, suntik, kondom dan implan masih diperbolehkan. Namun, ia juga menegaskan agar pemasangan jenis KB tersebut harus dilakukan oleh orang yang tepat.

“Misalnya, untuk pemasangan KB laki-laki dilakukan oleh laki-laki dan perempuan juga dilaksanakan perempuan,” sebutnya.

Untuk hal ini, Hatta mengaku MUI memang sudah pernah berkoordinasi dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat terkait ini. Tetapi, program tersebut tetap berjalan dan MUI pun tetap dengan sikapnya melarang KB vasektomi dan tubektomi.

“Jika seseorang sudah terlanjur memakai KB vasektomi dan tubektomi, sebaiknya agar segera bertaubat dan merehabilitasi diri,” imbaunya.

Sebagaimana yang diketahui, KB vasektomi adalah operasi kecil (bedah minor) yang dilakukan untuk mencegah transportasi sperma pada testis dan penis. Dalam kondisi normal, sperma seharusnya diproduksi dalam testis. Vasektomi merupakan prosedur yang sangat efektif untuk mencegah terjadinya kehamilan karena bersifat permanen.



loading...

Feeds

Mari Selamatkan Hutan Batangtoru

"Selama ini yang terjadi, apalagi di Sumatera Utara, upaya konservasi selalu kalah dengan industri. Selain advokasi, yang harus dilakukan adalah …