Sudiman Garingging, Pasien Rabies Itu Akhirnya Meninggal Dunia

Sudiman Garingging dievakuasi paksa oleh warga kemarin siang. Malamnya, dia meninggal dunia.
foto : sondy sipayung/metrosiantar/jpg

Sudiman Garingging dievakuasi paksa oleh warga kemarin siang. Malamnya, dia meninggal dunia. foto : sondy sipayung/metrosiantar/jpg

POJOKSUMUT.com, SIMALUNGUN-Sudiman Saragih Garingging, pasien rabies akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya, Jumat (17/3/2017) malam.

Ini setelah mendapat perawatan medis di RS Tuan Rondahaim. Padahal, Kamis (16/3/2017), warga Dusun Rambung, Kelurahan Sondi Raya, Kecamatan Raya, Simalungun sempat membuat heboh rumah sakit.

Dia meronta dan berusaha melarikan diri dengan memecahkan kaca lalu melolong seperti anjing.

Direktur RS Tuan Rondahaim dr Lidia Saragih mengatakan, pihaknya sudah semaksimal mungkin memberikan perobatan kepada pasien. Namun Sudiman Saragih Garingging (70), tidak mampu bertahan.

“Kebetulan saya lagi tugas luar. Jadi kabar mengenai pasien rabies itu meninggal saya terima dari perawat saya,” ujar Lidia melalui sambungan telepon.

Lidia menambahkan, pihak keluarga tidak dibebankan biaya selama pasien ditangani.

Menurut informasi didapat wartawan, Sudiman diketahui meninggal sekira pukul 21.40 WIB. Selama dirawat sejak Kamis kemarin, Sudiaman diisolasi dalam satu ruangan agar tidak bisa kontak langsung dengan warga atau keluarga.

Amatan METRO SIANTAR (grup pojoksumut), sekira pukul 22.00 WIB, tampak pihak keluarga berunding di rumah duka bersama Kapolsek Serbalawan dan Camat Tapian Dolok.

Awak media mendapatkan informasi bahwa pihak keluarga tidak menginginkan Firmansyah diotopsi.

Hal tersebut dibenarkan Lurah Sinaksak Despa Saragih SE.

“Iya benar pihak keluarga tidak ingin Firmansyah diotopsi. Keluarga ikhlas atas kejadian tersebut. Tinggal besok (hari ini) akan dibuat surat pernyataan dari pihak keluarga,” kata Despa.

Pernyataan yang sama juga disampaikan Camat Tapian Dolok Kandace Naiborhu SE dan Kapolsek Serbalawan AKP Ilham Harahap yang turut hadir dalam pertemuan dengan pihak keluarga Firmansyah.

“Iya benar, keluarga tidak mau kalau jenazah Firmansyah diotopsi,” kata keduanya di halaman rumah duka.

Sebagaimana diketahui, warga Sondi Raya ini diketahui mengidap Rabies pada Rabu (15/3/2017) dini hari oleh Ependi Saragih Garingging keponakan Sudiman.



loading...

Feeds

Mari Selamatkan Hutan Batangtoru

"Selama ini yang terjadi, apalagi di Sumatera Utara, upaya konservasi selalu kalah dengan industri. Selain advokasi, yang harus dilakukan adalah …