Kisah Perempuan Aceh, Wakil Indonesia di New York, Berbicara tentang Perdamaian

Raihal Fajri

Raihal Fajri

POJOKSUMUT.com, KONFERENSI bertajuk The UN Commission on the Status of Women (CSW) 21 Maret 2017 di New York, bakal menjadi momen penting bagi Indonesia. Pasalnya, ada satu anak bang yang dipilih untuk bisa berbicara berbaur bersama perwakilan dari negara lain di hadapan dunia. Dia adalah Raihal Fajri, perempuan asal Aceh.

Secara The UN Commission on the Status of Women (CSW) akan membahas banyak isu termasuk di dalamnya kesehatan, traficking, politik, perdamaian, ekonomi. Dan, dia akan mengangkat tema tentang Keterlibatan Perempuan dalam Perdamaian di Aceh.

“Salah satu slide aku nanti, menampilkan bahwa aku sebagai perempuan Aceh bisa berkontribusi dalam membangun perdamaian di Aceh. Titik tekanku di point ini adalah Syariat Islam di Aceh tidak mengungkung perempuan Aceh untuk berbuat,” tutur perempuan berusia 36 tahun ini, seperti dilansir Acehnews.

Fajrin lahir di Aceh Besar pada 20 Februari 1981 silam dan memulai karir di Katahati Institute pada 2007 sebagai Project Officer untuk Program Clearing House Advokasi Kebijakan dan kini menjabat sebagai Direktur Eksekutif Katahati Institute.

Raihal (panggilan akrabnya), bisa ikut serta di ajang bergengsi itu melalui Mediator Beyond Border International (MBBI) yang berkantor di New York, Amerika Serikat. Sebuah lembaga yang bekerja fokus pada mediasi dan skill di bidang perdamaian di komunitas-komunitas di seluruh dunia.

“Pertama aku diundang untuk ikut training mediator untuk konflik di Jakarta oleh Mediator Beyond Border International di Jakarta pada 2015 silam. Kemudian pada November tahun lalu, 2016, aku dihubungi oleh MBBI yang berkantor di New York untuk bisa membagi best practice di CSW61 yang rencananya aku akan tampil menyampaikan persentasinya tentang keterlibatan perempuan dalam perdamaian Aceh,” jelas istri dari fotografer dan jurnalis lingkungan di Aceh, Junaidi Hanafiah ini via WhatshApp jelang keberangkatannya dan transit di Bandara Internasional, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Jumat malam (17/03/2017).



loading...

Feeds

Rumah Pensiunan PLN Nyaris Jadi Abu

Informasi yang diperoleh, api diduga berasal dari korsleting listrik pada bagian atap rumah tersebut. Warga yang mengetahui langsung berusaha memadamkan …