Pelopor Musik Rock N Roll Dunia Ditemukan Tewas di Rumahnya

Chuck Berry
foto : Chuck Berry.com

Chuck Berry foto : Chuck Berry.com

POJOKSUMUT.com, KABAR duka datang dari industri musik dunia. Chuck Berry, pelopor musik yang sering disebut sebagai ‘Bapak Rock n Roll’ ditemukan tewas di kediaman St. Louis, Amerika Serikat pada Sabtu (18/3/2017) waktu setempat.

Hal tersebut disampaikan oleh pihak polisi St. Charles County. Sebuah posting di halaman Facebook polisi St. Charles County mengatakan petugas menanggapi keadaan darurat medis di tempat tinggal Chuck Berry pada Sabtu siang. Namun polisi menemukan pria tersebut sudah tidak bernyawa. “Sayangnya, pria 90 tahun tidak dapat diberi pertolongan dan meninggal,” tulis postingan tersebut.

“Departemen Kepolisian St. Charles sedih menegaskan kematian pemilik nama lengkap Charles Edward Anderson Berry Sr,” lanjutnya.

Chuck Berry lahir di St. Louis, Missouri pada 18 Oktober1926. Dia adalah gitaris, penyanyi, dan penulis lagu legendaris asal Amerika Serikat.

Dia adalah musikus berpengaruh dan salah seorang dari perintis musik rock and roll. Menurut situs Rock and Roll Hall of Fame, memang tidak ada tokoh yang bisa dikatakan sebagai pencipta rock and roll, namun Chuck Berry adalah tokoh satu-satunya yang bisa dikatakan paling mendekati. Dia mengumpulkan semua unsur-unsur penting menjadi satu.

John Lennon bahkan penah berujar bagwa sebutan lain untuk rock and roll adalah Chuck Berry.

Chuck Berry termasuk di antara pemusik pertama yang dimasukkan ke dalam Rock and Roll Hall of Fame ketika museum tersebut diresmikan pada 1986. Dia menerima Penghargaan Kennedy Center bersama-sama dengan artis ternama, Mikhail Baryshnikov, Plácido Domingo, Angela Lansbury, dan Clint Eastwood. Pada tahun 2004, Rolling Stone menempatkan Chuck Berry di urutan ke-5 dari daftar 100 Artis Terbesar Sepanjang Masa.

Tiga buah lagu Chuck Berry berjudul Johnny B. Goode, Maybellene, dan Rock & Roll Music termasuk ke dalam 500 lagu terpenting dalam sejarah musik rock and roll. (ded/JPG/nin)



loading...

Feeds