Nama Robin Van Persie Mencuat di Pusamania Borneo, Mungkinkah Ikuti Essien?

Robin van Persie
foto : 101greatsgol

Robin van Persie foto : 101greatsgol

POJOKSUMUT.com, RESMINYA Michael Essien ke Persib Bandung, memantik reaksi klub-klub besar Indonesia lainnya untuk mendatangkan marquee player.

Adalah Pusamania Borneo (PBFC) yang didesak mendatangkan pemain kelas dunia. Nama striker Fenerbahce, Robin van Persie pun mengemuka.

Spekulasi tersebut tak lepas dari kedatangan Presiden PBFC Nabil Husein Said Amin ke Stadion Sukru Saracoglu, kandang Fenerbahce.

Bersama dua bintang Pesut Etam, kapten Ponaryo Astaman dan winger andalan Terens Puhiri, Nabil memantau langsung Van Persie yang tampil sebagai pemain pengganti kala tuan rumah dikalahkan Konyaspor 3-2 dalam lanjutan Super Liga Turki, Sabtu (18/3/2017) dini hari Wita.

“Vamooo RVP!!!” tulis Nabil di Instagram-nya, dalam caption foto dirinya bersama Ponaryo di tribune Sukru Saracoglu. Sang kapten yang mengunggah foto sama di akunnya, juga menyebut kedatangannya tersebut untuk menyaksikan Van Persie.

Sontak respons netizen meledak. Mayoritas meminta sang bos mengangkut pemain berinisial RvP tersebut ke Segiri.

Pusamania—sebutan fans PBFC-kian semangat ketika Nabil membagikan swafoto bersama striker Fenerbahce lainnya, Moussa Sow.

Foto tersebut menunjukkan keduanya bertemu di Blue Mosque, masjid bersejarah di Istanbul. Terens juga mengunggah foto bareng pemain asal Senegal itu dalam kesempatan sama.

Spekulasi RvP ke PBFC diperkuat informasi yang diterima Kaltim Post (grup pojoksumut) dari Segiri. Memang ada rencana finalis Piala Presiden 2017 tersebut mendatangkan Van Persie.
PBFC berniat mereunikan mantan bintang Manchester United itu dengan Raphael Maitimo yang kuat dikabarkan segera berseragam oranye Pesut Etam. Van Persie dan Maitimo, merupakan rekan satu klub di tim junior Feyenoord dari Belanda selama 1999–2001.

Sementara Maitimo menemukan jalannya berkarier di Tanah Air sampai akhirnya menjadi WNI, Van Persie menikmati masa kejayaannya di Arsenal hingga Manchester United. Dia juga mewakili negaranya pada tiga edisi Piala Dunia (2006, 2010, 2014).

Sejak dua tahun lalu, dia berseragam Fenerabahce. Tak lagi mendapat tempat utama di Old Trafford seiring menurunnya performa, menjadi musabab kepindahannya ke raksasa Turki tersebut.

Adapun Sow, merupakan pemain 31 tahun yang kini dimiliki klub Mesir, Al-Ahli. Di Fenerbahce, dia berstatus pinjaman. Sow sempat jadi sensasi musim ini ketika mencetak dua gol akrobatik dalam waktu berdekatan, yang salah satunya ke gawang Manchester United.
Namun, kondisi itu tak begitu saja memudahkan jalan PBFC andai menginginkan Van Persie atau Sow.

Dilansir situs Transfermarkt, RvP saat ini memiliki market value sebesar Rp98,46 miliar. Dan oleh Fenerbahce, dia mendapat bayaran Rp2,31 miliar per pekan.

Sementara Sow, memiliki value yang jauh lebih masif. Saat ini dia bernilai Rp154,73 miliar! Jangan lupakan pula pemain top pasti meminta kompensasi jauh lebih besar jika bermain di liga yang popularitasnya jauh dari kompetisi Eropa.

Sow dan Van Persie kian tak realistis bagi klub Indonesia karena statusnya masih terikat kontrak di tim lain. Berbeda dengan Essien yang free agent saat direkrut Persib, klub masih harus mengeluarkan biaya transfer untuk mendatangkan keduanya.
Sebagai gambaran, Fenerbahce memberi United Rp 63,54 miliar untuk memboyong Van Persie dari Old Trafford pada 2015 lalu.

Terlepas dari hal tersebut, Nabil Husein kepada Kaltim Post meredakan segala spekulasi terkait Van Persie dan Sow. Pertemuannya dengan Sow di Turki pun ditegaskan tanpa misi khusus. Kalaupun ada foto, itu sekadar mengabadikan momen. Komunikasi dengan sang pemain juga diklaim tidak menyinggung urusan sepak bola. “Saya di Turki hanya liburan. Bukan mencari pemain,” tutur Nabil.

Bertemu Sow di Turki disebut Nabil hal biasa. Apalagi pertemuan terjadi setelah laga antara Fenerbahce dan Konyaspor. “Saya tidak lama di Turki. Hanya ingin nonton bola sekaligus liburan,” tambahnya.



loading...

Feeds

Rumah Pensiunan PLN Nyaris Jadi Abu

Informasi yang diperoleh, api diduga berasal dari korsleting listrik pada bagian atap rumah tersebut. Warga yang mengetahui langsung berusaha memadamkan …