Tahun 2023, Pertamina Targetkan Indonesia Swasembada BBM

Ilustrasi pengisian BBM.  
FOTO : pertaminaretail

Ilustrasi pengisian BBM. FOTO : pertaminaretail

POJOKSUMUT.com, MEDAN-PT Pertamina (Persero) menyatakan tekadnya menjadikan Indonesia swasembada bahan bakar minyak (BBM) pada 2023 mendatang.

Hal ini, seiring dengan dikembangkannya dua kilang baru dan empat upgrading kilang yang akan dikelola perusahaan migas plat merah itu.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina, Wianda Pusponegoro mengatakan, Pertamina menargetkan Indonesia sudah swasembada BBM pada tahun 2023 mendatang.

Jadi, pada 2023 nanti Indonesia tidak lagi impor, dan itu targetnya. Dengan kata lain, menjadi tuan rumah di negara sendiri.

“Kenapa Petronas bisa, kok kita tidak bisa. Alasannya, karena disana produksi mereka sudah bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri dan sampai ekspor keluar. Oleh karenanya, kita target pada tahun 2023 sudah swasembada BBM,” ujar Wianda ketika berada di Medan, baru-baru ini

Diutarakannya, untuk itu saat ini Pertamina sedang memfokuskan pada pengembangan dan pengelolaan kilang-kilang baru dalam negeri.
Seperti, dua kilang baru yakni di Tuban dan Balongan. Lalu, ditambah empat upgrading kilang yang juga akan dikelola.

“Dari pengelolaan kilang-kilang di lapangan itu, produksi BBM akan semakin besar dan bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri tidak lagi import bahkan untuk ekspor. Dari pengembangan kilang-kilang lapangan itu maka produksi kita diperkirakan bisa mencapai dua juta barel pada 2023,” sebutnya.



loading...

Feeds

Tak Bisa Main, Evan Dimas Lemas

Pada laga tersebut, satu gol kemenangan Indonesia diciptakan Marinus Mariyanto Wanewar yang memanfaatkan umpan lambung Septian David Maulana di menit …

Ashanty dan Anang Kuda-kudaan

"Iya nih bunda ketakutan banget. Akhirnya tukaran kuda. Punyaku ditunggangi bunda, punya Azriel aku yang pakai. Seru banget sih berkuda," …