Gulungan Ombak Kini Ada di Langit, Inilah Kemunculan Awan Baru

Awan Asperitas
foto : youtube

Awan Asperitas foto : youtube

POJOKSUMUT.com, GULUNGAN ombak tak lagi hanya berada di laut. Coba Anda perhatikan langit siang hari, akan tersaji awan bak gulungan ombak yang besar. Dan, itu tandanya Anda sedang menyaksikan fenomena meteorologi yang unik.

Dan menyambut Hari Meteorologi Dunia yang jatuh pada 23 Maret kemarin, awan bergelung cantik tersebut masuk dalam kategori awan baru. Namanya, asperitas.

Atlas Awan Internasional menggambarkan asperitas semacam ini, ”Awan asperitas ditandai dengan bentuk gelombang pendek atau panjang dengan kedalaman beragam. Kadang berujung tajam atau tumpul. Dan bila dilihat dari bawah kita seolah sedang melihat permukaan laut.”

Asperitas berasal dari bahasa Latin yang artinya kasar. Pada 2006, Cloud Appreciation Society, kelompok pemerhati cuaca yang berbasis di Inggris menerima gambar pertama awan jenis itu dari Cedar Rapids, Iowa.

Awan Asperitas
foto : washington Post

Beberapa tahun kemudian, mereka mengajukan permohonan untuk memasukkan jenis awan ini kedalam atlas. Langkah itu dinilai sebagai kudeta karena atlas sudah digunakan untuk mengajar meteorologi sejak dipublikasikan di abad ke-19.

”Ketika kamu sudah menemukan namanya, kami memulai mengenalnya dalam bentuk yang lain. Dan, bila kami sudah mengetahuinya, kami mulai peduli,” Gavin Pretor-Pinney saat berpidato di upacara World Meteorological Day di Jenewa.

Tidak mudah menambahkan jenis awan baru dalam atlas. Dalam jangka waktu 30 tahun, Organisasi Meteorologi Dunia belum pernah melakukan update sampai sekarang. ”Ini adalah contoh ilmu penelitian warga sipil sederhana. Diobservasi secara publik dengan teknologi smartphone serta Internet dan mempengaruhi perkembangan sistem klasifikasi saat ini,” tulis mereka di situsnya. (CNN/tia/JPG)



loading...

Feeds

Tak Bisa Main, Evan Dimas Lemas

Pada laga tersebut, satu gol kemenangan Indonesia diciptakan Marinus Mariyanto Wanewar yang memanfaatkan umpan lambung Septian David Maulana di menit …

Ashanty dan Anang Kuda-kudaan

"Iya nih bunda ketakutan banget. Akhirnya tukaran kuda. Punyaku ditunggangi bunda, punya Azriel aku yang pakai. Seru banget sih berkuda," …