Ngebut di Qatar, Rossi Cuma Berani Target Segini…

Rossi

Rossi

POJOKSUMUT.com, Pembalap gaek Yamaha, Valentino Rossi, hanya menargetkan berada di posisi lima besar pada seri pembuka MotoGP 2017 di Sirkuit Losail, Qatar, pada Minggu (26/3) mendatang.

Namun, dia sadar untuk mencapai itu perlu menemukan kecepatan yang lebih baik.

Rossi memang mecoba realistis dari hasil yang diraih selama tes pramusim. Bagaimana tidak, saat tes di Sepang dan Qatar, pembalap asal Italia ini hanya mampu menempati posisi keenam. Sementara, hasil di Phillip Island malah lebih buruk, yaitu di peringkat ke-12.

Bandingkan dengan rekan barunya di Yamaha, Maverick Vinales, yang justru selalu menjadi pembalap tercepat dalam tiga sesi tes pramusim. Padahal, Vinales baru beberapa bulan mengenal Yamaha YZR-M1 sejak pindah dari Suzuki.

Karenanya, jelang seri perdana di Qatar, Rossi menegaskan perlu menemukan kecepatan yang lebih baik serta memantapkan posisi di lima besar sebelum bisa menantang rekan setimnya itu.

“Selalu sulit dijelaskan karena situasi berubah. Ini adalah evolusi, tapi terutama dalam tes Qatar, dalam simulasi balapan terakhir Maverick sangat impresif,” ucap Rossi saat konferensi pers seperti dilansir laman resmi MotoGP.

“Secara pribadi, saya juga lebih lambat dibandingkan grup kedua. Jadi, kami perlu meningkat, terutama dalam hal kecepatan (balapan) dan mencoba bertarung untuk merebut lima besar.”

“Kami harus bekerja. Kami harus meningkat, tapi musim panjang akan dimulai besok. Saya berharap untuk lebih kuat dan kompetitif,” imbuh dia.

Rossi lalu meyakini MotoGP akan kompetitif seperti musim lalu. Setidaknya, menurut dia ada sembilan pembalap dan empat pabrikan berbed berpeluang memenangi balapan.

Pria berusia 38 tahun ini pun memprediksi, para pembalap dari Yamaha, Honda, Ducati, dan Suzuki, akan mampu bertarung memperebutkan kemenangan.

“Seperti biasa, level sangat tinggi dan tahun ini bahkan lebih lagi. Ada setidaknya tujuh atau delapan pembalap yang mencoba untuk memenangi balapan, serta mencoba bertarung demi gelar juara. Ini hebat,” ucap Rossi dengan antusias.

Balapan di Qatar sempat diperkirakan akan diguyur hujan deras. Selain itu, tidak sedikit pembalap yang mencemaskan kondisi trek.

Seperti diketahui, Sirkuit Losail memang dikelilingi gurun pasir. Karenanya, tiupan angin berpeluang membuat trek menjadi berpasir dan licin.

Kondisi itu tutur menjadi perhatian Rossi. Menurutnya, jika balapan berlangsung tidak dalam kondisi normal, misalnya sangat kering atau basah, setiap pembalap memiliki peluang sama besar untuk meraih hasil terbaik.

“Bagi saya, semua pembalap (termasuk Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Vinales, Andrea Iannone, and Cal Crutchlow, ditambah (Andrea) Dovizioso, bisa menang dalam kondisi normal.”

“Tapi segalanya terbuka bagi semua pembalap, jika balapan berlangsung dalam kondisi kering atau basah,” urainya.

“Juga (Dani) Pedrosa (bisa menang), karena dia dalam kondisi hebat saat pramusim. Jadi, semua pembalap yang hadir saat ini, serta Pedrosa dan Dovizioso (yang berpeluang untuk menang),” tutur Rossi memungkasi.

(ira/JPG/sdf)



loading...

Feeds