Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, Medan Berpotensi Terkemuka di Indonesia

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Melihat potensi dari lonjakan angka pengusaha dan didukung oleh lebih dari 50 persen penduduk usia produktif, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital siap tularkan semangat entrepreneurship di Medan.

Public Relations Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, Rizky Kurniawan menjelaskan, gerakan tersebut merupakan upaya untuk mewujudkan potensi Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia di tahun 2020, dengan mendirikan 1000 startup yang menjadi solusi atas berbagai masalah yang memanfaatkan teknologi digital.

Gerakan ini berlangsung di 10 kota Indonesia yaitu Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Malang, Pontianak, Makassar, Medan dan Denpasar.

“Medan memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi di Sumatera Utara (Sumut). Pertumbuhan ekonomi di daerah Sumut sendiri kian meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan data Bank Indonesia Perwakilan Wilayah Sumut, pertumbuhan ekonomi pada tahun 2016 naik menjadi 5,5 persen dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 5,1 persen,” ujar Rizky.

Dia menyebutkan, adanya peningkatan jumlah pengusaha di Sumut menjadi salah satu faktor tumbuhnya perekonomian setempat. Hasil sensus ekonomi yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumut pada 2016 lalu, jumlah pengusaha di Sumut telah meningkat dua hingga tiga kali lipat dari periode sebelumnya.

Tentu potensi ini menjadi peluang besar agar bisa dikerahkan lebih maksimal untuk industri startup digital.

“Medan adalah kota terpadat ketiga di Indonesia dengan persentase 50 persen penduduknya berada dalam kelompok usia produktif, yakni 15 hingga 39 tahun. Selain itu, Kota Medan sudah memiliki institusi pendidikan berakreditas A dalam bidang komputer, yaitu Universitas Sumatera Utara yang dapat menghasilkan calon-calon wirausaha muda berkualitas.



loading...

Feeds

Rumah Pensiunan PLN Nyaris Jadi Abu

Informasi yang diperoleh, api diduga berasal dari korsleting listrik pada bagian atap rumah tersebut. Warga yang mengetahui langsung berusaha memadamkan …