Pink Taxi, Khusus untuk Kaum Perempuan di Pakistan

Pink Taxi

Pink Taxi

POJOKSUMUT.com, PAKISTAN-Kabar baik datang untuk Perempuan Pakistan. Kini, mereka bisa dengan nyaman berpergian, lantaran ada layanan khusus untuk perempuan dengan sopir juga perempuan, namanya Pink Taxi.

Kendaraan ini diluncurkan mulai Kamis (23/3/2017), tapi baru hanya untuk Kota Karachi. Layanan tersebut merambah Lahore dan Islamabad dalam tiga atau empat bulan ke depan.

“Pengemudi kami menggunakan jilbab pink dan jaket hitam sebagai seragamnya,” ujar Ambreen Sheikh, chief executive Paxi yang memiliki Pink Taxi.

Layanan terbaru itu memiliki keuntungan ekstra. Yakni, menyediakan pekerjaan yang aman bagi perempuan sebagai pengemudi.

Sopir yang dipekerjakan Paxi merupakan ibu rumah tangga, mahasiswa, dan para perempuan muda lainnya.

Pemesanan dapat dilakukan melalui telepon, aplikasi khusus di telepon pintar, SMS, atau mencegat langsung di jalan.
Sheikh mengungkapkan, dirinya meluncurkan Pink Taxi karena angka pelecehan terhadap perempuan di kendaraan umum Karachi cukup tinggi.

Berdasar data yang dirilis Urban Resource Center di Karachi tahun lalu, 55 persen perempuan yang bepergian dengan bus merasa tidak aman dan kerap mengalami pelecehan seksual.



loading...

Feeds

Mari Selamatkan Hutan Batangtoru

"Selama ini yang terjadi, apalagi di Sumatera Utara, upaya konservasi selalu kalah dengan industri. Selain advokasi, yang harus dilakukan adalah …