Inilah Pemimpin Wanita Pertama di Hong Kong

Carrie Lam melambaikan tangan usai memenangkan Pemilu Hongkong.
foto : reuters

Carrie Lam melambaikan tangan usai memenangkan Pemilu Hongkong. foto : reuters

POJOKSUMUT.com, SEJARAH baru tercipta dari Pemilihan Umum (Pemilu) Hong Kong. Minggu (27/3/2017), sebanyak 777 anggota Komite Pemilu Hongkong, memberikan suara untuk Carrie Lam, sekaligus menuntaskan proses Pemilu 2017.

Dengan keputusan itu, politikus berusia 59 tahun tersebut resmi menjadi pemimpin wanita pertama Hong Kong. Dia akan menjabat per 1 Juli. Politikus pro-Beijing itu unggul atas dua lawannya, yaitu John Tsang dan Woo Kwok-hing.

Dari total 1.194 suara yang masuk, hanya 417 suara yang tidak mendukungnya. Sebanyak 365 suara mendukung Tsang yang awalnya digadang-gadang akan jadi pemenang. Sementara kandidat ketiga mendapat 21 dukungan.

“Hong Kong, rumah kita ini, sedang menghadapi gejala perpecahan yang sangat serius. Maka prioritas saya nanti adalah menghapus semua itu dan menyatukan semua orang,’’ kata Lam dalam pidato perdananya sebagai chief executive terpilih.

Sebagai pegawai negeri selama sekira 36 tahun, perempuan berkacamata itu jelas berpihak pada Beijing. Tapi, dia berjanji menjadi jembatan antara Hong Kong dan Tiongkok. (afp/cnn/tia/nin)



loading...

Feeds

Mari Selamatkan Hutan Batangtoru

"Selama ini yang terjadi, apalagi di Sumatera Utara, upaya konservasi selalu kalah dengan industri. Selain advokasi, yang harus dilakukan adalah …