Ombudsman Nilai Pelaksanaan USBN di Sumut Belum Baik

Ilustrasi

Ilustrasi

 

POJOKSUMUT. com, MEDAN-Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menilai pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di dua kabupaten kota di Sumut belum baik.

Sebab masih banyak ditemukan pelanggaran Prosedur Operasional Standar (POS) USBN.

Misalnya tak sedikit siswa dan pengawas menggunakan telepon selular (ponsel) di ruang ujian saat ujian berlangsung.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Sumut Abyadi Siregar mengatakan, ada sepuluh sekolah yang diawasi Ombudsman Sumut saat USBN lalu. Yakni enam sekolah di Kota Binjai dan empat sekolah di Kabupaten Deliserdang.

Dari sepuluh sekolah di dua daerah tersebut, tim Ombudsman menemukan banyak pelanggaran yang dilakukan, baik oleh siswa, pengawas, maupun pihak sekolah selaku penyelenggara.

“Banyak temuan yang kita dapati selama pengawasan USBN. Misalnya saja, pengawas dan peserta ujian menggunakan handphone, para peserta berdiskusi saat ujian, ada juga yang membawa kalkulator, dan pelanggaran-pelanggaran lain. Tapi yang paling banyak memang siswa menggunakan handphone saat ujian. Ini jelas pelanggaran,” kata Abyadi dalam siaran pers yang diterima (26/3/2017).

Abyadi menjelaskan, pelanggaran lain yang ditemukan misalnya peserta terlambat masuk kelas, pengawas keluar masuk ruang ujian, tidak ada denah peserta ujian, banyak sekolah tidak menandatangani pakta integritas, dan lainnya.

Menurut Abyadi, seharusnya pelaksanaan USBN harus bersih dari praktik-praktik tersebut. Karena hal itu merupakan pelanggaran sebagaimana disebutkan dalam POS USBN.

“Masalah seperti ini terus kita temukan sejak kita mengawasi pelaksanaan UN. Para guru pengawas tidak memahami aturan pengawasan. Inilah yang menyebabkan integritas pelaksanaan UN di Sumut rendah. Karena banyak ditemukan kecurangan-kecurangan seperti ini,” ungkap Abyadi.



loading...

Feeds

Tak Bisa Main, Evan Dimas Lemas

Pada laga tersebut, satu gol kemenangan Indonesia diciptakan Marinus Mariyanto Wanewar yang memanfaatkan umpan lambung Septian David Maulana di menit …

Ashanty dan Anang Kuda-kudaan

"Iya nih bunda ketakutan banget. Akhirnya tukaran kuda. Punyaku ditunggangi bunda, punya Azriel aku yang pakai. Seru banget sih berkuda," …