Curi Ikan di Perairan Indonesia, Enam Kapal Malaysia Ditenggelamkan

ilustrasi
foto : metroasahan/JPG

ilustrasi foto : metroasahan/JPG

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Enam kapal pencari ikan berbendera Malaysia dan satu berbendera Indonesia, Sabtu (1/4/2017) ditenggelamkan petugas Polda Sumatera Utara dengan cara diledakkan di Perairan Belawan di titik koordinat 03º 47′ 500” U – 098º 42’ 250” T.

 
Tujuh barang bukti kapal ini melakukan illegal fishing (pencuri ikan) tersebut dimusnahkan setelah mempunyai kekuatan hukum tetap dan bersifat final (Inkracht) serta instruksi dari Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melalui live streaming dari Ambon.

 
Diterangkan Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Rina Sari Ginting, ketujuh kapal ikan asing dan lokal itu sebelumnya ditangkap setelah melakukan tindak pidana perikanan yang tidak memiliki surat izin penangkapan ikan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia.

 
“Hal ini dilakukan agar memberikan efek jera kepada pelaku pencurian ikan dan tidak lagi melakukan tindak pidana serupa atau tindak pidana lainnya di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia,” terang Rina.
Ketujuh kapal yang dimusnahkan yakni, KM SLFA 2675, KM SLFA 4778, KM PKFA 3378, KM Extra Joss- III, KM PKFB 1152, KM PKFA 8115, dan yang terahir KM KHF 1767.

 
Dalam kegiatan pemusnahan itu turut hadir Kapolda Sumut  Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, Pangdam I/BB diwakili oleh Kasdam, Danlantamal, Pangkosek Hanudnas II Medan, FKPD Sumut, Kabinda Sumut, FKPD Kota Medan, Ka Basarnas Provinsi Sumut, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Agus Andrianto, Kabinda Sumut, Para Pejabat Utama Polda Sumut, Kapolrestabes Medan dan Kapolres Pelabuhan Belawan. (ring/pojoksumut)



loading...

Feeds