Tulis Orang Bagan Asahan Primitif, Akun Facebook Ini Dilaporkan ke Polisi

Isi ujaran kebencian di FB yang bersangkutan

Isi ujaran kebencian di FB yang bersangkutan

POJOKSUMUT.com, ASAHAN-Seorang pengguna Facebook, dengan akun Ruslan Rustam Hadi terpaksa dilaporkan ke pihak berwajib karena menyebarkan ujian hate speech (ujaran kebencian) pada 10 Maret 2017 lalu.

Adalah Himpunan Mahasiswa Bagan Asahan (HIMBA) yang mengambil langkah tegas membawa kasus ini ke ranah hukum. “Dalam status facebook itu ada kalimat yang isinya semua orang Bagan itu orang primitif, orang utan kurang pendidikan, makanya jadi preman,” kata Imran Simatupang, ketua HIMBA didampingi rekan pengurus lainnya, kepada wartawan Jumat (31/3/2017).

Imran mengatakan, dalam hal ini ia sebagai putra daerah asli Desa Bagan Asahan Kecamatan Tanjungbalai, Kabupaten Asahan tak terima tanah kelahirannya dihina dan dikatakan primitif. Hal tersebutlah yang membuat mereka membuat pelaporan terhadap akun facebook tersebut karena dinilai statusnya berbau provokatif.

“Terus terang, sejak status itu ditulisnya kami anak-anak Desa Bagan Asahan ini merasa keberatan dan geram. Oleh karena itu kami sebagai anak desa yang sudah dikuliahkan orang tua kami bermaksud ingin memberikan pelajaran terhadap pemilik akun facebook itu dengan melaporkannya ke pihak yang berwajib. Agar dia tahu siapa sebenarnya yang lebih berpendidikan,” tegas Imran lagi.

Riduan Tanjung yang juga merupakan pengurus HIMBA menambahkan, sebenarnya mereka sempat mengurungkan niat untuk melaporkan akun facebook tersebut kepada kepolisian, andai saja jika penulis status itu bersedia meminta maaf dalam postingan statusnya.

“Namun setelah kami peringati dengan komentar status di facebook yang dia tulis, malah ia tak menyadari kesalahannya dan semakin menegaskan status yang ditulisnya itu benar. Makanya setelah kami pengurus HIMBA bermusyawarah, didapat kesepakatan untuk melaporkan dia,” tegas Riduan.

Laporan tersebut dikatakannya sudah disampaikan secara tertulis ke bagian umum pada tanggal 13 Maret 2017 lalu. Kamis kemarin, (30/3) mereka telah memenuhi panggilan Polres Asahan sebagai pelapor untuk menyerahkan dokumen dan bukti yang dimaksudkan sebagai bahan awal pelaporan ke Unit Ekonomi Polres Asahan.



loading...

Feeds

Mari Selamatkan Hutan Batangtoru

"Selama ini yang terjadi, apalagi di Sumatera Utara, upaya konservasi selalu kalah dengan industri. Selain advokasi, yang harus dilakukan adalah …