Polisi Sebut Kelima Pentolan Aksi 313 Rencanakan Tabrakkan Truk ke Gerbang DPR

ilustrasi
dok : Jawapos

ilustrasi dok : Jawapos

POJOKSUMUT.com, JAKARTA-Polisi menahan lima pentolan Aksi 313 dengan tuduhan makar. Yang mengejutkan, Polda Metro Jaya menjelaskan bahwa skenario aksi makar pada Jumat (31/3/2017) dipusatkan di dekat Istana Negara sudah direncanakan kelimanya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, skenario makar itu dibicarakan kelima pelaku di dua pertemuan yakni di Menteng, Jakarta Pusat dan Kalibata, Jakarta Selatan. Aksi ini disebut dilakukan dengan anggaran Rp3 miliar.

“Awalnya ada dua lokasi untuk tempat pertemuan pertama di Kalibata dan di Menteng. Dari kedua lokasi itu, utamanya untuk menggulingkan pemerintah yang sah,” kata Argo di Polda Metro Jaya, Senin (3/4/2017).

Di Kalibata, kata Argo, rapat itu selain sepakat menggulingkan pemerintahan yang sah, juga dilakukan pemberian dana. “Ada dana yang direncanakan, ada beberapa dana ditelusuri dan kemarin juga digunakan kegiatan unjuk rasa, ada yang digunakan untuk sewa bus, logistik semua ada di situ,” kata dia lagi.

Di pertemuan pertama itu juga disepakati untuk menduduki DPR. “Di situ sampai terinci, mulai masuk ke gedung DPR/MPR ada beberapa jalan yang dilewati. Ada juga caranya untuk menabrakan kendaraan truk di pagar belakang DPR. Ada juga tujuh pintu (masuk) dari hasil rapat itu, gorong-gorong, jalan setapak. Jadi dengan asumsi bahwa kalau semua massa sudah masuk ke gedung DPR, akan kesulitan didorong keluar,” paparnya.

Untuk siapa yang menginisiasi ide menabrak pagar DPR, kata Argo, masih didalami dari pemeriksaan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. “Nanti akan kami dalami lagi,” ucapnya.

Namun, paparan pihak kepolisian ini menurut Anggota Komisi III DPR Nasir Djamil berlebihan.

“Itu kan blow up saja, hiperbolis sekali. Nggak mungkin lah, jadi seolah-olah inspirasi dari Paris itu akan dilakukan di Indonesia,” ujarnya tertawa menyindir di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (3/4/2017).



loading...

Feeds

Tak Bisa Main, Evan Dimas Lemas

Pada laga tersebut, satu gol kemenangan Indonesia diciptakan Marinus Mariyanto Wanewar yang memanfaatkan umpan lambung Septian David Maulana di menit …

Ashanty dan Anang Kuda-kudaan

"Iya nih bunda ketakutan banget. Akhirnya tukaran kuda. Punyaku ditunggangi bunda, punya Azriel aku yang pakai. Seru banget sih berkuda," …