Banyak Kesalahan, Pelaksanaan OSN SMA Kota Medan 2017 Diprotes

Ilustrasi UN. Hari ini hasil UN SMP diumukan

Ilustrasi UN. Hari ini hasil UN SMP diumukan

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA Tingkat Kota Medan tahun 2017 yang dilaksanakan pada 14 Maret lalu mendapatkan kritikan keras.

“Pelaksanaan OSN tingkat Kota Medan pada tahun ini ada terjadi kejanggalan dan kesalahan,” ungkap Koordinator Forum Guru Pembina OSN Sumut, Sofyanto, Selasa (4/4/2017).

Disebutkannya, kejanggalan dan kesalahan yang terjadi di antaranya pada naskah soal matematika, fisika, kimia, biologi, komputer, astronomi, ekonomi, kebumian, geografi, yang diujikan kepada peserta disusun oleh lembaga olimpiade swasta. Padahal, seharusnya soal dibuat oleh Direktorat Pembinaan SMA Kemendikbud.

Selain itu, waktu pelaksanaan seleksi seharusnya dilakukan serentak pada pukul 08.00 WIB hingga selesai. Namun, kenyataannya dilakukan pada pukul 14.00 WIB.

“Tak hanya itu, peserta juga dikutip biaya Rp100.000 per sekolah. Padahal, sesuai aturan tidak dibebankan biaya. Oleh karena itu, panitia penyelenggara yang merupakan MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) Kota Medan harus mengembalikan biaya pendaftaran itu,” jelas Sofyanto. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds

Mari Selamatkan Hutan Batangtoru

"Selama ini yang terjadi, apalagi di Sumatera Utara, upaya konservasi selalu kalah dengan industri. Selain advokasi, yang harus dilakukan adalah …