Ckckck…Pemuda 19 Tahun Ini Bobol 4.600 Situs, Diantaranya Milik Travel Agen

ilustrai
pixabay

ilustrai pixabay

POJOKSUMUT.com, JAKARTA-Pemuda 19 tahun ini, benar-benar bikin heboh. Namanya, Sultan Haikal. Dia diduga masuk secara ilegal ke server Citilink dengan menggunakan user name dan password milik travel agen tiket.com dengan tujuan untuk mendapatkan kode booking tiket pesawat.

Setelah berhasil membobol, dan mendapatkan kode booking, dia bersama tiga rekannya menjual kembali tiket tersebut. Atas hal ini, pihak Citilink dan tiket.com mengalami kerugian sekitar Rp4,1 miliar, di mana tiket.com merugi Rp1,9 miliar.

Beruntung, kasus ini terungkap yang berawal dari pengaduan tiket.com kepada polisi tentang adanya peretasan pada sistem aplikasi jual beli tiket yang terhubung pada maskapai penerbangan www.citilink.co.id. Peristiwa peretasan diperkirakan berkisar pada 11-27 Oktober 2016.
Kini, tersangka pembobol ribuan situs kini ditahan Subdit Siber Bareskrim Polri. Haikal saat ditangkap Rabu (29/3) kemarin tidak sendiri. Polisi juga menciduk tiga rekannya.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto mengatakan, awalnya Haikal merekrut tiga rekannya MKU (19), Al (19), dan NTM (27) lewat komunikasi di media sosial dan di game online.

Kemudian, Haikal mengajari ketiga rekannya bagaimana cara meretas situs. “Haikal ini adalah mentornya. Jadi Haikal yang membuka pintu ke berbagai macam situs baik itu untuk diketahui saja atau pengetahuan atau pun kegiatan untuk mencari keuntungan. Salah satunya membuka situs tiket.com,” kata Rikwanto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (5/4/2017).



loading...

Feeds