Ridho Rhoma Direhabilitasi

Ridho Rhoma saat dibawa ke Rumah Sakit Ketergantungan Rehab (RSKO) di Cibubur, Selasa (4/4). (FEDRIK TARIGAN/JAWA POS)

Ridho Rhoma saat dibawa ke Rumah Sakit Ketergantungan Rehab (RSKO) di Cibubur, Selasa (4/4). (FEDRIK TARIGAN/JAWA POS)

POJOKSUMUT.com, Ridho Rhoma diputuskan melakukan rehabilitasi di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur.

Berapa lama rehabilitasinya? Berdasar dr. Errie Dharma Irawan, Sp.KJ, MARS, Dirut RSKO, waktu rehabilitasi bergantung dari pemeriksaan dan penilaian serta diagnosis.

”Bisa dari tiga bulan, enam bulan, sampai sembilan bulan. Bergantung dari berat atau ringannya gangguan,” jelas Errie.

Tidak mau membedakan pasien, Errie mengungkapkan akan memperlakukan semua pasiennya sama. Begitu juga dengan Ridho Rhoma.

Bagi anak dari Raja Dangdut yang telah mengkonsumsi narkoba selama dua tahun, Errie mengaku belum dapat memberi keterangan, berapa lama Ridho akan direhabilitasi.
Berita Terkait

“Setiap pasien datang dilakukan assessment, kemudian pendiagnosaan kemudian pengobatan. Selanjutnya rehabilitasi apa yang akan digunakan juga tergantung dokter. Ada rehabilitasi medik, psikologi, kemudian juga secara sosial,” terangnya.

Errie melanjutkan, detoksifikasi untuk zat dalam tubuh sebenarnya dapat dilakukan dalam hitungan hari. Hanya saja, efeknya yang dapat berkelanjutan dan membutuhkan pengobatan.

Pada umumnya, waktu yang dibutuhkan jika jangka panjang mencapai enam bulan. Sedangkan pengobatan jangk pendek dapat selesai dalam tiga bulan.

(glo/tia/jpg/sdf)



loading...

Feeds

Mari Selamatkan Hutan Batangtoru

"Selama ini yang terjadi, apalagi di Sumatera Utara, upaya konservasi selalu kalah dengan industri. Selain advokasi, yang harus dilakukan adalah …