Rusun Sukaramai Direnovasi, Jadi 20 Lantai

Rusun Sukaramai
foto : jurnalasia

Rusun Sukaramai foto : jurnalasia

 

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Perusahaan Umum Perumahan Nasional (Perum Permunas) meremajakan rumah susun (rusun) Sukaramai Medan, yang berada di kawasan Komplek Asia Mega Mas. Peremajaan rusun tersebut dibuktikan dengan peresmian peletakkan batu pertama, Rabu (5/4/2017).

Direktur Utama Perumnas Bambang Triwibowo mengatakan, peremajaan rusun Sukaramai ini merupakan yang pertama di Indonesia yang dilakukan pihaknya. Tujuannya dari renovasi ini, dalam rangka mewujudkan program sejuta rumah yang dicanangkan pemerintah melalui sejumlah terobosan.

“Peremajaan ini merupakan upaya strategis Perumnas dalam berkontribusi mewujudkan program sejuta rumah. Sekaligus, menciptakan kualitas hunian yang lebih baik khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR),” ujar Triwibowo di sela-sela peletakkan batu pertama tersebut.

Diutarakannya, rusun ini sebelumnya memiliki 14 tower berlantai 4. Nantinya, akan direnovasi menjadi 4 tower dengan 20 lantai dan hunian mencapai 2.064 unit. Untuk tahap awal, akan dibangun dua tower dengan total unit sebanyak 1.344.

“Peremajaan rumah susun Sukaramai ini dilakukan di atas lahan seluas 17.717 meter persegi. Tipe huniannya studio 18 meter persegi dengan 3 kamar tidur. Pembangunannya ditargetkan selesai dalam waktu 18 bulan,” paparnya.

Dia menyebutkan, pada saat proses pembangunan tahap pertama dilakukan kegiatan relokasi terhadap penghuni pararel, yaitu dengan memberikan kompensasi kepada para penghuni lama untuk mendapatkan hunian peralihan sementara yang tidak jauh.

“Dengan dilakukannya peremajaan terhadap rusun ini, maka bangunan akan mampu menampung lebih banyak orang. Tentunya, peremajaan itu juga disertai dengan fasilitas umum dan fasilitas sosial yang baik, sehingga kualitas hidup penghuni akan semakin baik,” jelas Triwibowo.



loading...

Feeds