Miris! Seluruh Dunia Hanya Menonton Kekejaman Serangan Kimia di Suriah

Keluarga korban serangan senjata kimia di Suriah.
foto : CNN

Keluarga korban serangan senjata kimia di Suriah. foto : CNN

POJOKSUMUT.com, SERANGAN senjata kimia yang terjadi di Suriah mendapat kecaman internasional. Liga Arab bahkan menyebut serangan itu sebagai kejahatan besar.

Perdana Menteri Lebanon Saad Hariri mengatakan masyarakat internasional harus disalahkan karena telah membiarkan tindakan seperti itu terjadi.

“Dunia tidak harus terkejut karena telah membiarkan rezim tersebut melakukan apa yang dilakukannya. Apa yang mengejutkan kita adalah peningkatan korban anak-anak yang sekarat dan seluruh dunia sedang menonton,” katanya dikutip Arab News.

NATO dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyerukan penyelidikan untuk menuntut mereka yang bertanggung jawab atas serangan yang menewaskan lebih dari 70 orang di provinsi Idlib Suriah pada Selasa (4/4/2017) itu.

Kecaman juga datang dari Paus Francis di Vatikan yang mengatakan serangan itu tidak dapat diterima oleh siapapun.

“Saya benar-benar menyesalkan pembantaian yang berlangsung di provinsi Idlib kemarin, di mana puluhan orang tak berdaya, termasuk banyak anak-anak, tewas,” kata Paus Francis di St. Peter’s Square.

Syrian Observatory for Human Rights mengatakan serangan kimia di kota Khan Sheikhun, yang dikuasai pemberontak, kemungkinan dilakukan oleh pesawat tempur pasukan yang setia kepada rezim Presiden Bashar al-Assad. Namun, Suriah membantah tuduhan itu.

Menteri Kesehatan Turki, Recep Akdag, mengatakan sekitar 30 warga Suriah telah dibawa ke kota Gaziantep, Turki, yang berbatasan dengan Suriah. Mereka akan mendapatkan pengobatan setelah menjadi korban serangan senjata kimia. (reuters/AFP/jpg/nin)



loading...

Feeds

Tak Terasa Padi Sudah 20 Tahun

Namun semua itu gagal. ’’Jalannya memang harus vakum, bukan mencari personil lain sebagai pengganti, atau bahkan bubar,’’ paparnya.