Guru Besar UNS Motivasi Mahasiwa S2 Unpri buat Jurnal

Unpri Medan

Unpri Medan

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Guru Besar Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof Dr I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani SH MM memberi kuliah umum, kepada mahasiswa Pascasarjana (S2) Universitas Prima Indonesia (Unpri) Medan, Senin (10/4/2017).

Kuliah umum yang merupakan perdana tersebut, bertujuan memotivasi mahasiswa untuk membuat jurnal nasional dan internasional.

“Jurnal nasional dan internasional sangat penting bagi mahasiswa pascasarjana,” ungkap Prof Dr I Gusti Ayu saat menyampaikan kuliah umumnya.

Diutarakan Prof Ayu, jurnal nasional dengan jurnal internasional memiliki perbedaan. Menurutnya, jurnal nasional mempunyai ciri di antaranya menyebarkan hasil penelitian atau konsep ilmiah dan ditujukan pada masyarakat. Sedangkan jurnal internasional, karya ilmiah yang diterbitkan ditulis dengan memenuhi kaidah ilmiah dan etika keilmuan. Dengan kata lain, jurnal internasional yang dibuat bisa diterima di suatu jurnal ilmiah bertaraf internasional.

“Artikel jurnal internasional harus menjadi minat internasional. Artinya, bukan hanya kepentingan lokal saja melainkan keuniversalan ilmu yang ditulis,” jelas wanita berhijab ini.

Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto MPd MA MSc yang membuka kuliah umum perdana bagi mahasiswa S2 Unpri mengatakan, sangat mendukung kegiatan tersebut karena sangat berguna dalam meningkatkan penulisan jurnal.

“Ada beberapa hal yang berguna dalam menulis jurnal, pertama sertifikasi dan kedua untuk mendapatkan ide penelitian. Oleh karena itu, kita mengharapkan kuliah yang diberikan oleh Prof Ayu bisa meningkatkan kemampuan mahasiswa pascasarjana Unpri untuk bisa cepat menyelesaikan penulisan jurnal seperti yang diharapkan,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Pascasarjana Unpri Dr Azharudin SH MKn menuturkan, tujuan kuliah umum ini untuk lebih memperkenalkan Unpri kepada para mahasiswa S2 Fakultas Hukum angkatan pertama agar mereka mengetahui sistem. Selain itu, juga nilai–nilai yang ditanamkan oleh Unpri.

Untuk masalah penulisan ilmiah, kata Dr Azharudin, pihaknya menghadirkan pakar dalam membuat jurnal ilmiah. Sebab, pada program pascasarjana ada kewajiban bagi dosen dan mahasiswa untuk mempublikasikan karya ilmiah di jurnal terakreditasi nasional dan internasional.

“Kewajiban bagi dosen dan mahasiswa pascasarjana untuk mempublikasikan karya ilmiah di jurnal ilmiah terakreditasi, harus jadi momentum bagi perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas jurnal. Karena, kebutuhan jurnal ilmiah semakin meningkat. Untuk itu, mudah-mudahan dapat memahami materi yang disampaikan oleh pakar-pakar yang profesional, sehingga bisa menyelesaikan studinya dalam waktu dua tahun,” papar Azharudin.



loading...

Feeds

SAH! Besok Kita Lebaran

Menurutnya, hilal terlihat di pada sudut ketinggian 3,88 derajat dengan umur bulan 8 jam 15 menit dan 24 detik. Hal …