Gara-gara Rossa Isyana Baper, Diapain Tuh?

Rossa dan Isyana Sarasvati (kanan) saat berlatih di Gedung Nyi Ageng Serang, Kuningan, Jakarta. (FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS)

Rossa dan Isyana Sarasvati (kanan) saat berlatih di Gedung Nyi Ageng Serang, Kuningan, Jakarta. (FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS)

POJOKSUMUT.com, Persiapan intens digeber Rossa menjelang konser tunggal untuk merayakan 21 tahun karirnya Kamis mendatang (13/4).

Demi kesuksesan konser yang diadakan di JCC Plenary Hall, Jakarta Selatan, itu, dia berlatih dengan orkestra dan live band milik musisi Tohpati sejak Jumat (7/4).

Pada latihan hari keempat kemarin, Isyana Sarasvati yang digandeng untuk meng-cover lagunya bergabung.

’’Kami memang sudah bersahabat dua tahun. Pas saya ajak buat tampil di konser, Isyana langsung oke,’’ kata Rossa ketika ditemui di Gedung Nyi Ageng Serang, Kuningan, Jakarta Selatan.

Menurut dia, Isyana adalah penyanyi muda berbakat dengan suara sopran yang merdu dan bakat musik luar biasa. Karena itu, Rossa mengajak Isyana tampil di konsernya.

Sejak siang, Rossa berlatih dengan band sambil sesekali berdiskusi dengan Tohpati yang menjadi music director-nya. Tak lama kemudian, Isyana datang.

Dengan iringan piano, perempuan 23 tahun itu mulai melantunkan lagu Rossa yang populer pada 1999, Tegar.

Berbeda dengan warna suara Rossa yang ngepop, Isyana membawakan Tegar dengan warna klasik berkat suara soprannya.

Isyana juga memainkan keyboard untuk mengisi interlude. Rossa memandangnya takjub, kagum dengan bakat musik pelantun Tetap dalam Jiwa itu.

Rossa sendiri yang meminta Isyana membawakan hit yang membuatnya dikenal di jagat musik tanah air itu. Bagi dia, Tegar sangat bersejarah.

’’Saya mau seorang penyanyi perempuan berbakat yang membawakan lagu itu dengan gaya yang berbeda. Pilihan saya jatuh ke Isyana,’’ kata perempuan asal Sumedang, Jawa Barat, tersebut.

Begitu tahu dirinya akan membawakan lagu Tegar, Isyana tertantang. Dia menyukainya sejak masih SD. Alhasil, ketika membawakan lagu itu kali pertama, Isyana nervous. Apalagi, lagu tersebut sangat bermakna dan bikin baper.

’’Saya khawatir penghayatan saya nggak maksimal, padahal lagunya soulful banget,’’ tutur Isyana.

Rossa mengajak Isyana tampil di konsernya pada Januari lalu. Karena memang ngefans berat, dia langsung mengiyakan.

’’Teh Oca (panggilan Rossa, Red) punya warna suara pop yang unik dan bikin saya bisa menikmati lagunya dengan utuh,’’ kata Isyana. Sejak memastikan bergabung, dia berlatih vokal dan aransemen keyboard khusus untuk lagu Tegar.

Rossa siap menghibur fans dengan 25 lagu. Tiga lagu berasal dari album terbarunya, A New Chapter, yang dirilis akhir Maret lalu. Sementara itu, lagu lainnya merupakan single hit Rossa sejak 1996 hingga 2016.

’’Proses milihnya cukup rumit sih. Yang pasti, saya milih lagu-lagu yang berhasil masuk chart di radio atau program-program musik,’’ ujar Rossa.

Rossa mencetak hit-hit seperti Nada-Nada Cinta (1996), Malam Pertama (2003), Wanita yang Kau Pilih (2005), hingga Memeluk Bulan (2010).

Dia juga sering membawakan soundtrack film seperti Ayat-Ayat Cinta dan Atas Nama Cinta (OST sinetron Cinta Fitri).

Untuk menambah nuansa baru, Rossa meminta Tohpati membuat aransemen baru. Misalnya, Tegar dengan sentuhan musik EDM, Pudar dengan nuansa orkestra yang grande, serta Aku Bukan Untukmu dengan alunan musik yang agak jazzy. Selain Isyana, dia menggandeng Tulus, Afgan, dan Yovie Widianto sebagai partner selama konser.

Soal penampilan, lima desainer papan atas diminta membuatkan busana. Yakni, Sebastian Gunawan, Tex Saverio, Biyan, Didi Budiarjo, dan Rinaldy A. Yunardi.

(len/c19/na/jpg/sdf)



loading...

Feeds