Hore! Dana BOS Triwulan I SD dan SMP di Sumut Sudah Cair

Ilustrasi

Ilustrasi

 

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Disdik Sumut) sudah mencairkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) triwulan I tahun 2017.

Pencairan dana BOS tersebut melalui Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) tanggal 3 April 2017.

Kepala Disdik Sumut, Arsyad Lubis mengatakan, triwulan I untuk tingkat SD negeri dan swasta berjumlah 9.541 sekolah dengan sebanyak 1.733.560 orang siswa dan dananya mencapai Rp277,36 miliar. Sedangkan untuk dana BOS tingkat SMP dan SMP satu atap (Satap) negeri dan swasta meliputi dari 2.430 sekolah dengan 654.089 orang siswa dan dananya berjumlah Rp130,81 miliar.

Sehingga, sambungnya, total dana BOS untuk tingkat SD dan SMP se Sumatera Utara berjumlah Rp408.187.400.000 yang disalurkan melalui rekening sekolah penerima dana BOS yang ditransfer oleh Bank Sumut selaku bank yang ditunjuk pemerintah.

Disinggung pencairan dana BOS SMA dan SMK, kata Arsyad, saat ini pihaknya sedang melakukan proses. Sebab, SMA dan SMK serta Pendidikan Khusus swasta masih dalam proses berupa Naskah Perjanjian Hibah (NPH) antara sekolah dengan Kadis Pendidikan Provsu.

Begitu juga SMA dan SMK maupun Pendidikan Khusus negeri sekarang ini juga sedang melakukan proses Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) untuk dimasukkan ke Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Dinas Pendidikan Provinsi Sumut sesuai surat edaran Mendagri No 903/1046/Si tanggal 24 Februari 2017.

“Kita sedang mengupayakan secepatnya agar dana BOS SMA/SMK dan Pendidikan Khusus di Sumut dapat dicairkan. Hal ini bertujuan agar dapat digunakan pihak sekolah untuk melakukan operasional proses belajar dan mengajar. Artinya, dalam waktu beberapa hari ke depan akan segera diterbitkan SP2D oleh Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Pemprovsu,” katanya kepada wartawan, Selasa (11/4/2017).

Diutarakan Arsyad, diingatkan para kepala sekolah agar penggunaan anggaran BOS SD maupun SMP yang sudah dicairkan melalui rekening sekolah masing-masing dapat digunakan tepat sasaran dan sesuai juknis BOS 2017.



loading...

Feeds

SAH! Besok Kita Lebaran

Menurutnya, hilal terlihat di pada sudut ketinggian 3,88 derajat dengan umur bulan 8 jam 15 menit dan 24 detik. Hal …