Basarnas Bekali Pelajar Medan Hadapi Bencana

Petugas Basarnas saat memberikan materi ke pelajar Medan.
foto : fir/pojoksumut

Petugas Basarnas saat memberikan materi ke pelajar Medan. foto : fir/pojoksumut

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Badan Search And Research (SAR) Nasional atau sering dikenal Basarnas terus menggalakkan programnya, yaitu ‘SAR Goes To School’. Kali ini, program dalam bentuk pelaksanaan sosialisasi dan pemberian pelatihan kepada pelajar digelar di Kantor Basarnas Medan, Jalan Jamin Ginting No. 99, Medan Tuntungan, Rabu (12/4/2017).

Dalam sosialisasi dan pelatihan menghadapi bencana tersebut, diikuti oleh 125 pelajar di Medan mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA/SMK. Selain itu, para guru berjumlah 37 orang yang turut mendampingi juga diberikan pengetahuan.

Direktur Bina Ketenagaan dan Pemasyarakatan Basarnas, Agus Sukarno SH MM mengungkapkan, program ‘SAR Goes To School’ bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kemanusiaan dan menolong sesama. Dengan cara, menanamkan pengetahuan dan keterampilan SAR tingkat awal kepada para pelajar khususnya di Medan maupun Sumut. Sehingga, mereka mampu menolong diri sendiri dan menumbuhkan semangat untuk menolong orang lain.

“Kita tahu bahwa bencana bisa datang kapan dan dimana saja. Lewat informasi dan pemberitaan di media, acapkali kita melihat bencana itu terjadi hingga menelan korban luka maupun jiwa. Oleh sebab itu, melalui sosialisasi dan pelatihan yang diberikan kepada pelajar semoga dapat meminimalisir jatuhnya korban saat bencana terjadi,” ungkap Agus Sukarno disela-sela kegiatan.

Dijelaskannya, dalam kegiatan tersebut para siswa diberikan teknik menghadapi bencana misalnya gempa bumi. Apabila bencana gempa terjadi dan sedang berada di rumah, maka pelajar bisa bersembunyi di kolong meja atau bawah tempat tidur.

Lalu, bila sedang berada di gedung dapat berkumpul di tempat evakuasi yang sudah diarahkan. Sehingga, dengan begitu mereka tahu bagaimana menyelamatkan diri bahkan menolong orang lain.

“Tak hanya bencana gempa, bencana lainnya seperti banjir, kebakaran, dan lainnya juga diberikan pengetahuan serta pelatihan. Program ini akan terus berkesinambungan, dimana kita akan mendatangi sekolah-sekolah. Harapannnya, sekolah yang belum mendapat giliran dapat meminta agar diberikan juga,” papar Agus Sukarno yang didampingi Kepala Kantor Basarnas Medan Budiawan SSos MSi, Kepala Seksi (Kasi) Operasional M Agus Wibisono SE, Kasi Pertolongan Ahmad Junir SSos, serta Kasubdit Pemasyarakatan & Sertifikasi Basarnas Budi Purnomo.

Dia mengemukakan, selain itu program ini juga menyediakan dan mendistribusikan buku-buku yang berisi profil Basarnas dan pengetahuan serta pengetahuan praktis SAR. Materi dalam buku-buku disusun secara berjenjang yang disesuaikan dengan tingkat pendidikan dan usia pelajar.



loading...

Feeds