Ingat Ya, Hasil SNMPTN 2017 Diumumkan 26 April

ilustrasi calon mahasiswa baru.
foto : dok/pojoksumut

ilustrasi calon mahasiswa baru. foto : dok/pojoksumut

 

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Proses pendaftaran mulai dari pengisian data, verifikasi hingga ujian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) tahun 2017 telah dilalui. Kini, tengah memasuki tahap selanjutnya yakni menunggu hasil pengumuman yang diumumkan dari laman http://www.snmptn.ac.id pada 26 April mendatang.

Sebagaimana diketahui, untuk PTN di Sumut ada empat universitas yang tergabung dalam Panitia Lokal (Panlok) 14 Medan. Di antaranya, Universitas Negeri Medan (Unimed), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), dan Universitas Samudra Langsa (Unsam).

“Untuk SNMPTN hasilnya akan diumumkan pada 26 April mendatang,” ungkap Penanggung Jawab Panlok 14 Medan, Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum yang juga merupakan Rektor USU, Rabu (12/4/2017).

Diutarakan Runtung, USU memiliki daya tampung pada jalur ini sebanyak 2.235 mahasiswa baru, dengan rincian 1.335 IPA dan 900 IPS. Jumlah kuota SNMPTN ini cenderung menurun dibanding tahun lalu yang mencapai 2.325 mahasiswa baru untuk 47 program studi S1 reguler.

“Sesuai dengan peraturan menteri (Menristekdikti) terbaru untuk kuota penerimaan mahasiswa baru tahun ini, maka formatnya berubah. Kita (USU) memutuskan, untuk kuota SNMPTN 30 persen, SBMPTN 40 persen, dan Mandiri 30 persen dari keseluruhan daya tampung sebanyak 7.450 orang,” sebutnya.

Menurut dia, meski kuota jalur SNMPTN menurun akan tetapi daya tampung keseluruhan meningkat sebanyak 385 orang. Dimana tahun lalu hanya 7.065 orang, tahun ini menjadi 7.450 orang. Peningkatan daya tampung keseluruhan ini karena akreditasi sejumlah prodi di lingkungan USU naik peringkat.

“Terkait uang kuliah di USU, tidak ada mengalami kenaikan dengan biaya terendah per semester Rp500 ribu. Hal ini seiring dengan kebijakan yang disampaikan oleh Menristekdikti M Nasir,” tambahnya.



loading...

Feeds