Lulusan FT UMSU Butuh Sertifikat Keahlian Konstruksi

UMSU

UMSU

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Sertifikat Keahlian (SKA) dan sertifikat ASEAN Chartered Professional Engineer (ACPE) sangat diperlukan bagi lulusan Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU).

Sebab, sertifikat pendamping ijazah bagi mahasiswa tingkat akhir ini sesuai aturan Kemenristekdikti, yang sudah dimulai dan berkesinambungan pada berbagai macam bidang keteknikan yang dipelajari.

Menurut Dekan FT UMSU Rahmatullah ST MSi, selain mahasiswa, dosen juga diharapkan demikian. Ke depan, sambungnya, mahasiswa dan dosen diimbau untuk mengaplikasikan sertifikat kompetensi keahlian tersebut dalam dunia konstruksi.

“FT UMSU bersama asosiasi khususnya bidang konstruksi juga akan melaksanakan peraturan sesuai SNI dan tenaga ahli yang diperlukan. Selain itu, menjalin kerja sama dengan Kementerian PUPR khususnya Dirjen Bina Konstruksi, LPJKP, LPJKN, ASTTI, Inkindo,” ungkap Rahmatullah pada Seminar Nasional Konstruksi di kampus UMSU baru-baru ini.

Dalam seminar tersebut menghadirkan narasumber antara lain, Saut B Pardede dari Asosiasi Tenaga Teknik Indonesia (ASTTI), Ir Murniati Pasaribu MPsi dari Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPJKN Pusat), Ir Rikardo B Manurung dari Ikatan Konsultan Indonesia (Inkindo Sumut), Dr Paulus S Suwanto dari Lembaga Indonesia Jerman dan Dr Ade Faisal, Ketua Prodi Teknik Sipil UMSU.

Ir Murniati Pasaribu dari LPJKN Pusat menuturkan, program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) wajib diikuti tetap pemegang sertifikat SKA di bidang jasa konstruksi. Seperti arsitektur, sipil, mekanikal, elektrikal, tata lingkungan dan manajemen pelaksanaan dengan berbagai subklasifikasi yang terdaftar di LPJK.

“Bagian ini tidak terpisahkan dan merupakan suatu keharusan dari proses perpanjangan SKA yang telah dimiliki selama ini,” katanya.

Sementara, Saut B Pardede menyebutkan, sertifikat SKA berlaku 3 tahun sejak dikeluarkan. Pemohon wajib melaksanakan legalisasi ijazah oleh lembaga pendidikan yang menerbitkan ijazah tersebut dengan ketentuan latar belakang pendidikannya harus sesuai dengan kompetensi yang dimohonkan. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds