Bawa Sabu 1 Kg dari Malaysia, Rafib Ginting Tewas Ditembak BNN

Barang bukti yang diamankan dari tersangka.
foto : metroasahan

Barang bukti yang diamankan dari tersangka. foto : metroasahan

POJOKSUMUT.com, TANJUNGBALAI-Seorang sindikat pengedar narkoba bernama Rafib Afandi S Ginting tewas ditembak mati oleh Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Tanjungbalai, Minggu (16/4/2017).
Selain itu, lima orang tersangka lainnya diamankan. Dari para tersangka diamankan 1 kg sabu, dan 21 ribu butir pil ekstasi.

Informasi diperoleh, narkoba yang dibawa keenam tersangka merupakan narkoba dari Malaysia. Kepala BNN Tanjungbalai AKBP H Eddy Mashuri Nasution SH MH mengatakan, penangkapan dilakukan di Jalan Besar Kecamatan Sei Kepayang, tepatnya di Sei Serindan, Kabupaten Asahan, Minggu (16/4/2017) sekira pukul 06.30 WIB.

Menurut Eddy, pihaknya sudah satu bulan melakukan pengintaian. Saat petugas melakukan penyergapan terhadap dua orang tersangka, keduanya berusaha melarikan diri. Melihat tersangka melarikan diri, petugas BNNK Tanjungbalai dibantu personel Polres Tanjungbalai memberikan tembakan peringatan.

Namun kedua tersangka terus melarikan diri. Tak ingin buruannya kabur, petugas menembak tersangka. Akibatnya seorang tersangka tewas dan satu lagi berhasil dilumpuhkan. Tersangka yang berhasil dilumpuhkan kemudian diintrogasi. Berdasarkan keterangan tersangka akan ada narkoba yang masuk ke Tanjungbalai dari Malaysia melalui kapal kayu.

Mendapat informasi berharga tersebut petugas lalu melakukan penyelidikan. Kemudian petugas berhasil meringkus seorang wanita yang menumpang di kapal kayu. Berdasarkan hasil pemeriksaan wanita tersebut membawa sabu 1 Kg dan 21 ribu butir pil ekstasi.

Selain itu, petugas juga mengamankan tiga tersangka lainnya. Menurut Eddy para tersangka melanggar pasal UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika Pasal 112 ayat 2 pasal 113 ayat 2 pasal 114 ayat 2 pasal 115 ayat 1 dengan ancaman hukuman maksimal hukuman mati.

Salah seorang tersangka Abdul Rasyid Sinaga saat ditanya mengaku hanya sebagai tukang masak di boat dan tidak tau ada narkotika dalam boat.

“Saya nggak tahu di kapal ada penumpang yang membawa sabu. Silahkan tanya tekong kalau saya hanya sebagai tukang masak saja,” katanya.

Sementara seorang pria yang mengaku sebagai seorang anak dari Rasyid mengatakan ayahnya baru pulang dari laut dan langsung tidur. Namun tak lama kemudian petugas mengaku dari BNN langsung menangkap Rasyid. (ilu/mag02/syaf/ma/jpg/nin)



loading...

Feeds

SAH! Besok Kita Lebaran

Menurutnya, hilal terlihat di pada sudut ketinggian 3,88 derajat dengan umur bulan 8 jam 15 menit dan 24 detik. Hal …