Ketua Dewan Riset Sumut : Inovasi Tidak Akan Tumbuh tanpa Penguasaan Iptek

Ketua Dewan Riset Daerah Provinsi Sumatera Utara, Prof Dr Ir Harmein Nasution MSIE memberi kuliah umum di kampus Universitas Prima Indonesia (Unpri)
foto : fir/pojoksumut

Ketua Dewan Riset Daerah Provinsi Sumatera Utara, Prof Dr Ir Harmein Nasution MSIE memberi kuliah umum di kampus Universitas Prima Indonesia (Unpri) foto : fir/pojoksumut

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Ketua Dewan Riset Daerah Provinsi Sumatera Utara, Prof Dr Ir Harmein Nasution MSIE memberi kuliah umum di kampus Universitas Prima Indonesia (Unpri), Jalan Ayahanda Medan, Selasa (18/4/2017).

Kuliah umum tersebut mengangkat tema ‘Peranan Riset dan Inovasi Teknologi dalam Mewujudkan Pengembangan Industri Nasional yang Berdaya Saing’.

Dalam kuliah umumnya Prof Harmein Nasution mengemukakan, riset dan inovasi berperan penting dalam meningkatkan serta mewujudkan pengembangan industri nasional yang berdaya saing.

“Inovasi tidak akan tumbuh tanpa penguasaan iptek yang dihasilkan. Baik melalui kegiatan oleh lembaga riset daerah maupun lembaga pendidikan,” tutur Prof Harmein Nasution yang juga Guru Besar Teknik Industri Universitas Sumatera Utara (USU).

Menurutnya, riset dan inovasi juga sangat penting sebagai kunci tumbuhnya daya saing serta kemandirian bangsa. Untuk itu, dia mengajak mahasiswa, alumni dan dosen prodi Teknik Industri FTIK Unpri terus melakukan penelitian dan membuat inovasi-inovasi terbaru.

“Dosen, mahasiswa, dan alumni Teknik Industri harus berkolaborasi melakukan penelitian dan berinovasi di bidang teknik industri,” ujarnya.

Sementara, pada kuliah umum itu diikuti para mahasiswa dan dosen yang sangat antusias. Hal itu ditandai dengan sesi tanya jawab, dimana para peserta tampak banyak mengajukan pertanyaan. Salah satunya, Suwandy, mahasiswa semester 8 tampak semangat mengajukan pertanyaan bagaimana cara riset dan inovasi teknologi dapat memenangkan pasar industri.

Selain mahasiswa dan dosen, turut hadir Ketua BPH Unpri Dr Tommy Leonard SH MKn, Rektor Unpri Prof dr Djakobus Tarigan AAI DAAK, Dekan FTIK Unpri Abdi Dharma SKom MKom, Ketua Prodi Teknik Industri Unpri Anita Christine Sembiring ST MT.

Ketua BPH Unpri Dr Tommy Leonard SH MKn berharap, kuliah umum tersebut memberikan manfaat bagi mahasiswa. Kata Tommy, untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai pengetahuan dan mampu menganalisis, serta mampu melakukan perancangan sistem industri manufaktur dan jasa, pihaknya selalu mendatangkan pakar dari luar.

“Kita berupaya menghasilkan lulusan yang menguasai dasar-dasar teknik industri yang mampu berperan aktif dalam perkembangan teknologi industri, baik dalam tataran nasional maupun internasional,” ucapnya.

Tommy menuturkan, lulusan Unpri harus menghasilkan karya ilmiah yang memiliki keunggulan di bidang teknik industri yang dapat diandalkan.

Hal senada diutarakan Ketua Prodi Teknik Industri Unpri, Anita Christine Sembiring ST MT. Disebutkannya, kuliah umum ini adalah kegiatan rutin yang diadakan Unpri dengan tujuan agar mahasiswa memahami inovasi teknik industri dan bagaimana peranan seorang alumni teknik industri dalam pengembangan industri nasional. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds