Manusia Mahluk Sosial, tapi Teknologi buat Kita Jadi Terisolasi

ilustrasi
pixabay

ilustrasi pixabay

POJOKSUMUT.com, FACEBOOK, Twitter, Instagram atau media sosial mungkin dinilai bisa lebih mendekatkan diri dengan teman-teman. Tetapi sebuah studi baru justru menunjukkan hal sebaliknya.

Penelitian yang diterbitkan di American Journal of Preventive Medicine, menarik hubungan antara lebih banyak waktu yang dihabiskan untuk media sosial dengan perkembangan teknologi saat ini terhadap peningkatan risiko isolasi sosial pada orang dewasa muda.

“Kita semua secara adalah makhluk sosial, tetapi kehidupan modern cenderung membuat kita terisolasi,” kata pemimpin studi, Dr. Brian A. Primack, seperti dilansir laman Fox News.

“Walaupun mungkin tampaknya media sosial memberikan peluang untuk mengisi kekosongan sosial, saya pikir penelitian ini menunjukkan bahwa hal ini bukanlah menjadi solusi yang baik,” imbuh Primack.

Mulai 2014, Primack dan timnya meneliti lebih dari 1.700 orang Amerika 19-32 tahun mengenai penggunaan media sosial.

Yang diteliti, pengguna Facebook, YouTube, Twitter, Google Plus, Instagram, Snapchat, Reddit, Tumblr, Pinterest, Vine, LinkedIn. Lalu dinilai isolasi sosial yang mereka rasakan dengan menggunakan Patient-Reported Outcomes Measurement Information System.



loading...

Feeds

Unpri Stimulus Penelitian Dosen

"Dosen itu harus lebih termotivasi melakukan penelitian agar proses Tri Dharma Perguruan Tinggi dapat berjalan secara lebih maksimal," ujarnya