Ahok Dinyatakan Bersalah! Dituntut Penjara Segini

Ahok

Ahok

POJOKSUMUT.com, JAKARTA-Basuki Tjahaja Purnama dinyatakan bersalah dalam kasus penodaan agama Islam.

Terdakwa yang akrab disapa Ahok inipun dituntut satu tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun.

Tuntutan tersebut dibacakan tim jaksa penuntut umum (JPU) yang dipimpin Ali Mukartono dalam lanjutan sidang yang berlangsung selama hampir dua jam di Auditorium Kementerian Pertanian, Kamis (20/4/2017) pagi.

Jaksa menilai Ahok tidak terbukti melakukan tindakan yang melanggar Pasal 156a KUHP dalam dakwaan primer. Namun, Ahok dinyatakan secara sah dan terbukti melanggar Pasal 156 KUHP dalam dakwaan alternatif.

“Menuntut supaya majelis hakim yang mengadili perkara ini, menyatakan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama terbukti bersalah menyatakan perasaan kebencian,” ujar ketua tim jaksa Ali Mukartono

Hal itu terkait dengan pernyataannya saat kunjungan i saat kunjungan dalam rangka panen ikan kerapu di tempat pelelangan ikan (TPI) di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu pada 27 September 2016. Ahok mengutip Surat Al Maidah Ayat 51.

Sebelumnya, ketua majelis hakim Dwiarso Budi Santiarto meminta JPU hanya membacakan tuntutan. Adapun berkas dakwaan dan keterangan saksi-saksi tidak dibacakan. (wid/rmol/jpg/nin/pojoksumut)



loading...

Feeds