Inilah 5 Penyebab Kekalahan Ahok, Nomor 4 Paling Pas

Ahok

Ahok

POJOKSUMUT.com, JAKARTA – Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, mencatat ada setidaknya lima penyebab kekalahan pasangan Ahok-Djarot di Pilkada DKI putaran kedua.

Kekalahan ini masih berdasar hitung cepat (quick count) sejumlah lembaga survei.

”Pertama kesamaan profil pemilih,” ucap Adjie. Banyak pendukung dan partai pengusung Agus – Sylvi yang menurutnya mengalihkan pilihan ke Anies – Sandi.

Kedua, kebijakan yang tidak pro rakyat. Dia mencontohkan penggusuran dan proyek reklamasi Teluk Jakarta yang sarat masalah.

Ketiga, ada sentiment anti-Ahok. ”Karena isu agama dan primordial. Ahok dianggap tak pas karena bukan pemeluk agama mayoritas warga DKI,” katanya.

Penyebab keempat adalah sikap kasar dan arogan yang melekat di diri Ahok. Karena terkenal kasar dan arogan, Ahok dianggap bukan tipe pemimpin yang dibutuhkan ibu kota.

Kelima, alternatif pilihan yang mendapat tempat di hati mayoritas warga karena berbagai sebab.

Bukan hanya Anies – Sandi, Agus – Sylvi juga dianggap alternatif yang menarik perhatian banyak warga DKI. Suara pemilih calon alternatif ini yang akhirnya menyatu di putaran kedua.

(lin/gin/rya/ydh/jpg/sdf)



loading...

Feeds

Mari Selamatkan Hutan Batangtoru

"Selama ini yang terjadi, apalagi di Sumatera Utara, upaya konservasi selalu kalah dengan industri. Selain advokasi, yang harus dilakukan adalah …