Tiga Penyakit Ini Dominasi Angka Kematian di Sumut

ilustrasi
pixabay

ilustrasi pixabay

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatera Utara (Sumut), NG Hikmet mengungkapkan, tren penyebab kematian dominan disebabkan oleh Penyakit Tidak Menular (PTM).

Penyebab itu, sebut dia, utamanya adalah stroke, penyakit jantung dan diabetes melitus (DM) atau dikenal dengan penyakit gula.

“Dari Sample Registration System (SRS) Indonesia 2014, ada 10 penyebab kematian utama (semua umur). Di dunia, nasional maupun Sumut untuk PTM rata-rata hampir mirip. Utamanya jantung dan pembuluh darah termasuk stroke, darah tinggi, penyakit jantung koroner, kanker dan kecelakaan lalu lintas,” ungkapnya kepada wartawan di Medan, Kamis (20/4/2017).

Karena itu, lanjut Hikmet, pemerintah melalui Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), di antaranya mengimbau agar menjaga pola makan sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan. Lakukan aktifitas olahraga rutin minimal 30 menit setiap hari dan cek kesehatan secara rutin. “Cek kesehatan secara rutin itu, misalnya jika sudah ada bawaan darah tinggi, dan adanya bakat penyakit gula,” ujarnya.

Sementara Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM), Hery Valona R Ambarita, menyebutkan, 10 penyebab kematian utama di Indonesia yaitu stroke 21,1%, penyakit jantung dan pembuluh darah 12,9%, komplikasi DM 6,7%, tuberkulosis 5,7%, komplikasi tekanan darah tinggi 5,3%, penyakit paru kronik 4,9%, penyakit hati 2,7%, kecelakaan lalulintas 2,6%, pneumonia 2,1% dan gabungan diare dan gastroentritis karena infeksi 1,9%.

“Faktor resiko PTM antara lain merokok, konsumsi alkohol, kurang aktifitas fisik, kurang konsumsi serat, obesitas, hipertensi, hiperkosterollemia dan hiperglikemia. Faktor resiko itu adalah faktor resiko bersama, dimana faktor resiko PTM dapat berkontribusi baik secara sendiri ataupun saling berinteraksi satu dengan lainnya. Sehingga dapat menyebabkan seseorang menderita satu atau lebih penyakit tidak menular,” jelasnya.



loading...

Feeds