Marquez Pole Position 5 Kali Beruntun di Amerika

 Marc Marquez ukir rekor menawan sepanjang kiprahnya di MotoGP (Crash.net)

Marc Marquez ukir rekor menawan sepanjang kiprahnya di MotoGP (Crash.net)

POJOKSUMUT.com, Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, tampil luar biasa dalam kualifikasi MotoGP Amerika, Minggu (23/4) dini hari WIB.

Marquez menjadi yang tercepat dan meraih pole position dalam balapan nanti. Ini menjadi pole position kelima kalinya di MotoGP Amerika secara beruntun.

Sebelumnya, pembalap asal Spanyol itu selalu memulai balapan dari start pertama di MotoGP Amerika 2013, 2014, 2015, 2016, dan kini 2017. Hebatnya, Marquez selalu mengakhirinya dengan podium pertama.

Berdasar itu, Marquez berambisi untuk meneruskan dominasinya di MotoGP Amerika. Dia ingin menegaskan bahwa Circuit of the Americas (COTA) – dahulu bernama Sirkuit Austin, memang merupakan tempat yang nyaman dan bersahabat bagi dirinya.

Toh, Marquez tak gampang mengunci tiket start terdepan dalam balapan nanti. Dia harus berduel sengit dengan rekan senegaranya yakni pembalap Yamaha, Maverick Vinales.

Vinales sendiri sebelumnya menguasai FP1 dan FP3. Sedangkan Marquez tercepat di FP2. Namun, dia seolah ingin membuktikan bahwa MotoGP Amerika adalah “makanannya”.

Marquez membuka sesi kualifikasi dengan menempuh waktu 2 menit 03,675 detik. Kemudian dia memperbaikinya menjadi 2 menit 03,912 detik. Dalam sesi ini, Vinales hanya bisa berada di posisi kedua.

Kemudian, duel sengit antara Marquez dan Vinales pun tersaji. Keduanya saling memberikan tekanan agar bisa start dari posisi terdepan. Marquez melesat dengan waktu 2 menit 03,42 detik. Sementara Vinales mengekor dengan 2 menit 04 detik.

Pada akhir duel, pamer kecepatan tetap berlangsung. Vinales sempat menyentuh 2 menit 02,871 detik. Tapi, Marquez ternyata tak mau kalah.

Dia berhasil tetap lebih cepat dengan waktu 2 menit 02,741 detik. Meski hanya berselisih 0,130 detik, Marquez tetap berhak atas pole position di MotoGP Amerika 2017.

Ini menjadi pole position Marquez kelima secara beruntun di MotoGP Amerika. Selain itu, total Marquez sudah meraih pole position sebanyak 67 kali sepanjang kariernya di MotoGP.

Sementara itu, rekan Vinales, Valentino Rossi, berada di posisi ketiga. Dia mencatat waktu 2 menit 03,673 detik. Rossi berhasil unggul atas Dani Pedrosa (Repsol Honda) dan rookie Johann Zarco (Yamaha Tech 3).

Hasil Kualifikasi MotoGP Amerika, Minggu (23/4):



loading...

Feeds