Ingat Ya! Besok, Hasil SNMPTN 2017 Diumumkan

SNMPTN

SNMPTN

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Hasil pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2017 akan segera diketahui. Sesuai jadwal, hasilnya akan diumumkan besok, 26 April 2017. Untuk mengetahuinya dapat membuka laman http://www.snmptn.ac.id.

Dalam pelaksanaan SNMPTN tahun ini, di Sumut ada empat universitas negeri yang tergabung dalam Panitia Lokal (Panlok) 14 Medan. Di antaranya, Universitas Negeri Medan (Unimed), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut), dan Universitas Samudra Langsa (Unsam).

Penanggung Jawab Panlok 14 Medan, Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum yang juga merupakan rektor USU mengungkapkan, pada tahun ini USU memiliki kuota untuk jalur SNMPTN sebanyak 2.235 mahasiswa. Dengan rincian 1.335 IPA dan 900 IPS, untuk 47 program studi S1 reguler.

“Sesuai dengan peraturan menteri (Menristekdikti) terbaru, kuota penerimaan mahasiswa baru tahun ini formatnya berubah. Kita (USU) memutuskan kuota SNMPTN 30 persen dari sebelumnya 40 persen, dan SBMPTN 40 persen dari 30 persen. Sedangkan, jalur Mandiri tetap 30 persen,” ujar Runtung, Selasa (25/4).

Disebutkan dia, secara keseluruhan USU memiliki daya tampung mahasiswa baru pada tahun ini mencapai 7.450 orang. Daya tampung keseluruhan tersebut meningkat 385 orang dibanding tahun lalu yang hanya mencapai 7.065 orang.

“Peningkatan daya tampung keseluruhan ini karena akreditasi sejumlah prodi di lingkungan USU naik peringkat, misalnya dari B menjadi A dan C menjadi B,” tambah Runtung.

Lebih jauh dia mengatakan, terkait uang kuliah di USU tidak ada mengalami kenaikan dengan biaya terendah per semester Rp500 ribu. Hal ini seiring dengan kebijakan yang disampaikan oleh Menristekdikti M Nasir.

Tak jauh beda diutarakan Wakil Rektor I Unimed, Prof Dr Abdul Hamid K MPd. Abdul Hamid yang juga Ketua Panlok 14 Medan menuturkan, daya tampung Unimed khusus jalur ini sekitar 1.500 orang. Jumlah ini merupakan 30 persen dari kuota keseluruhan mahasiswa baru di Unimed.

“Daya tampung Unimed untuk mahasiswa baru secara keseluruhan sekitar 5.000 orang. Dari jumlah ini, untuk SNMPTN 1.500 orang, SBMPTN 2.000 orang, dan Mandiri 1.500,” ujar Abdul Hamid.

Dia menyebutkan, format penerimaan mahasiswa baru Unimed tahun ini tak berbeda jauh dengan USU. Sebab, formatnya mengikuti kebijakan atau petunjuk sesuai Menristedikti.

Mengenai uang kuliah, sambung Abdul Hamid, Unimed juga tak menaikkan. Uang kuliah terendah Rp500 ribu dan tertinggi Rp3,5 juta per semester.

“Biaya kuliah ini berbeda pada masing-masing program studi (prodi). Karena, ada praktikum dan lapangan,” cetusnya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds