Delapan Imigran Gelap Asal Somalia Diamankan dari Perairan Asahan

ilustrasi

ilustrasi

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Sebanyak delapan imigran asal Somalia diamankan dari perairan Sungai Asahan, Tanjungbalai. Mereka diamankan oleh tim WFQR (Western Fleet Quick Response) Lanal Tanjungbalai, Asahan.

Informasi yang diperoleh mengatakan penangkapan ini dilakukan setelah petugas menerima informasi mengenai adanya upaya penyeludupan manusia dari Malaysia. Selanjutnya tim dari Patroli Kemanan Laut (Patkamla) SSG II-1-47 langsung diturunkan berhasil menyergap kapal tersebut.

Namun saat diminta menepi, dua orang ABK langsung melarikan diri ke pinggir sungai dan melarikan diri ke dalam hutan.

“Diduga keduanya merupakan orang yang terlibat penyeludupan,” kata Kadispen Lantamal I Belawan Mayor Laut (KH) Sahala Sinaga, Jumat (28/4/2017).

Setelah keduanya melarikan diri, petugas kemudian melakukan pemeriksaan kedalam kapal dan menemukan delapan orang imigran gelap asal Somalia tersebut. Petugas kemudian menggiring mereka yang terdiri dari empat perempuan dan empat laki-laki tersebut.

“Selanjutnya kapal itu digiring ke Poskamla Bagan Asahan untuk diproses,” ujarnya.

Data yang disampaikan kedelapan imigran gelap tersebut yakni atan nama Abdul Wahab Muh(23) Maulid Ali (20), Ahmed Abdullah (21), M.Abdalla (23), Samiya (20), Muse (20), Halimo (29), Mariam (59). Dan satu TKW Ilegal asal Indonesia Kadijah (36).

“Setelah kita periksa, tidak ada ditemukan barang berbahaya atau barang terlarang. Mereka sudah diserahkan ke imigrasi kota Tanjung Balai untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut,” pungkas Sahala. (rgu/rmol/jpg/nin)



loading...

Feeds