Inilah 10 Penemuan Harta Karun Terhebat di Dunia, Satu Diantaranya di Indonesia

ilustrasi
pixabay

ilustrasi pixabay

 

POJOKSUMUT.com, BAGI sebagian orang harta kartun adalah hadiah dari petulangan. Di beberapa temuan, harta terpendam ini ada di laut juga darat yang merupakan sisa-sisa kisah masa lalu.

Ketertarikan manusia akan adanya harta karun memang sungguh luar biasa besar, karena sudah menjadi sifat dasar manusia yang memang menyukai kekayaan apalagi jika bisa didapat secara Instan. Isu tentang bagaimana ketertarikan manusia akan harta karun tentu bisa dilihat dari banyaknya cerita buku, Novel, Komik, atau film yang mengangkat tema Harta karun.

Seperti cerita-cerita penemuan harta karun dalam film Indiana Jones –nya Harrison Ford atau National Treasure yang dibintangi Nicolase cage, 10 daftar penemuan harta karun dibawah ini dianggap paling luar biasa, salah satunya bahkan ditemukan di Indonesia.

1. Harta Karun Roda-Polandia

Harta karun roda adalah salah satu penemuan arkeologi yang paling berharga di abad ke-20. Ditemukan pada tahun 1985 selama dilakukan renovasi di Roda-Polandia.

Bagian utama dari harta karun itu sekarang disimpan dalam Museum Regional disana. Harta yang ditemukan termasuk mahkota Emas yang diyakini milik Blanche dari Valois, istri dari Raja Charles IV, 2 liontin emas abad ke-12, dua liontin emas abad ke-13, gesper emas abad pertengahan yang dihiasi dengan batu mulia, tiga cincin, 39 koin emas, dan 2924 koin perak.

 

 

 

2. Harta Karun Panagyuriste-Bulgaria

Pada 8 Desember tahun1949 tiga bersaudara – Pavel, Petko dan Michail Deikovi bekerja bersama di wilayah “Merul” di sebuah pabrik keramik dekat Panagyurishte. Saat mengambil tanah liat untuk bahan keramik mereka menemukan obyek mengkilap yang tidak biasa. Ternyata apa yang mereka temukan adalah harta Panagyuriste, Harta kekayaan peninggalan Thracian, salah satu harta yang paling terkenal di dunia.

Diantara penemuan ini terdiri dari sebuah piala, sebuah bejana dan tujuh rhytons dengan berat total 6.164 kg terbuat dari emas murni. Semua barang berharga dihiasi dengan ornament mitos Thracian, adat istiadat dan kehidupan dari abad 3-4 Sebelum Masehi.

3. Harta Karun Preslav-Bulgaria
Harta karun Preslav ditemukan di musim gugur tahun 1978 di kebun anggur di Castana, 3 km barat daya dari ibukota kedua Bulgaria – Veliki Preslav. Penggalian yang dilakukan menemukan lebih dari 170 benda-benda emas, perak dan perunggu termasuk koin Bizantium, 15 perak milik Constantine VII, dan artefak lainnya yang ditengarai berasal dari periode antara abad ke-3 sampai 7 Masehi. Ditemukan pula beberapa teknik pembuatan perhiasan yang digunakan dalam memproduksi perhiasan, kancing, appliques dll.

4. Harta Karun Tutankhamen’s-Mesir
Daftar tidak akan lengkap jika kita tidak menyebutkan harta karun Tutankhamen. Harta karun Tutankhamen ditemukan di makamnya di tahun 1922 oleh Howard Carter, di bawah sisa-sisa gubuk pekerja yang dibangun selama Periode Ramses, yang menjelaskan mengapa harta karun ini selamat dari penghancuran makam periode itu.

 

Mungkin bagian yang paling mengesankan yang ditemukan dalam makam Tutankhamun bukanlah topeng (seperti gambar diatas), walaupun itu merupakan barang yang paling terkenal. Tetapi peti mati raja-raja yang terbuat dari emas, yang dibuat dengan seni dan detail yang tak tertandingi.

 

 

 

5. Harta Karun Pereshchepina-Bulgaria
Bulgaria ternyata menyimpan banyak sekali harta karun, Harta Karun Pereshchepina adalah penemuan utama harta karun dari Bizantium, Sassania, dan Avarian dari periode Volkerwanderung. Ditemukan pada tahun 1912 di Desa Mala Pereshchepina (13 km dari Poltava, Ukraina) oleh seorang anak gembala yang secara tak sengaja tersandung bongkahan emas dan jatuh ke makam Kuvrat, pendiri Kerajaan Bulgaria dan ayah dari Asparuh pendiri Kekaisaran Bulgaria Pertama.

Timbunan harta terdiri dari 19 guci perak dan 16 guci emas, termasuk rhyton dan sisa-sisa lain. Selain itu, temuan juga berisi pedang besi yang masih utuh dengan gagang dan sarung terbuat dari emas, beberapa perhiasan emas, dan banyak lagi.

 

 

 

 

 

 

 

6. Harta Karun Tillia Tepe– Afghanistan
Tillia Tepe adalah situs arkeologi di Afghanistan utara dekat Sheberghan, yang diteliti pada tahun 1979 oleh arkeolog Soviet-Afghanistani yang dipimpin oleh Victor Sarianidi, setahun sebelum invasi Soviet ke Afghanistan. Harta yang tertimbun terdiri dari sekitar 20.000 perhiasan emas yang ditemukan di enam kuburan (lima perempuan dan satu laki-laki) dengan perhiasan yang sangat berharga, berasal dari sekitar abad ke-1 SM.

 

Secara keseluruhan beberapa ribu potong perhiasan yang ditemukan, terdiri dari kombinasi emas, pirus dan lapis-lazuli termasuk koin, kalung dengan permata, ikat pinggang, medali, dan mahkota.



loading...

Feeds