Baru Tiga RS di Sumut Mampu Layani Kanker

Ilustrasi anak penderita kanker.
foto : youtube

Ilustrasi anak penderita kanker. foto : youtube

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mencatat, dari sejumlah rumah sakit (RS) yang terdapat di provinsi ini, baru tiga RS saja yang mampu melayani penyakit kanker termasuk kanker darah (leukimia).
Ketiga RS itu, masing-masing RSUP H Adam Malik, RS Murni Teguh serta RS Columbia Asia.
Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular (PTM) Dinas Kesehatan Sumut Hery VB Ambarita mengatakan, hal itu disebabkan oleh terbatasnya ketersediaan alat kemoterapi yang dimiliki RS dalam layanan pengobatannya. Begitupun dengan obat dan kesiapan tenaga medisnya.

Karenanya Hery mengaku, pada tahun 2018 nanti pihaknya memproyeksikan deteksi dini dapat dilakukan bagi seluruh varian penyakit kanker. Tidak lagi hanya dikhususkan pada deteksi dini kanker serviks saja.

“Jadi tahun mendatang, harapannya leukimia dan kanker lainnya sudah turut pula dapat dilakukan deteksi dini,” sebutnya.

Namun, lanjut Hery, untuk saat ini, Dinas Kesehatan Sumut terlebih dahulu akan melakukan tahapan sosialisasi kepada petugas di masing-masing kabupaten/kota.

Selanjutnya, meningkatkan kapasitas dengan mengundang para ahli, lalu merumuskan program deteksi dini tersebut dan memasukkannya kedalam APBD.

Sementara untuk penderita leukemia, sambung Hery, pada tahun 2015 di Sumut tercatat sebanyak 43 orang. Sedangkan pada tahun 2016 tercatat sebanyak 28 orang. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds