Iwa K Menangis, Harapkan Bisa Direhab

Iwa k via britisia

Iwa k via britisia

POJOKSUMUT.com, RAPPER Indonesia Iwa Kusuma atau Iwa K masih ditahan di Polres Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten usai kedapatan bawa ganja di Bandara Soekarno Hartta.

Sementara ini, menurut keterangan dari pihak berwajib, belum ada perkembangan dari kasus yang menjeratnya. ’’Belum boleh pulang, kita masih tunggu hasil puslabfor,’’ kata Kanit Reserse Narkoba Polres Soekarno-Hatta Kompol Martua Raja Silonga ketika dihubungi kemarin.

Sabtu subuh lalu (29/4/2017), Iwa K ditangkap karena kedapatan membawa ganja yang dilinting dalam tiga batang rokok. Kuasa hukum dia, Chris Sam Siwu, telah menjenguknya di polres.

Chris mengungkapkan, dirinya dan Iwa membahas mengenai pengajuan rehabilitasi. Hal itu juga yang diharapkan Iwa. Chris melihat indikasi Iwa adalah bandar sangat jauh dari kenyataan.

’’Penggunaannya pun rekreasional. Artinya, bukan ketergantungan yang membuat dia harus pakai setiap hari,’’ kata Chris. ’’Dan memang dia mendapatkannya juga dari orang lain. Dia tidak pernah membeli dalam kasus ini. Hanya karena ada orang yang memberikan,’’ lanjutnya.

Berat tiga batang rokok tersebut sekitar 4 gram. Namun, belum diketahui berapa persen kandungan ganjanya. Berat neto ganja itu yang nantinya digunakan sebagai dasar kasus dan jalan agar permohonan rehabilitasi Iwa dikabulkan.

’’Surat assessment kepada Iwa itu sudah diajukan ke polres. Kita tinggal tunggu dari pihak polres menyikapi agar bisa dilanjutkan melakukan tes assessment di BNN,’’ papar Chris.

Berdasar keputusan Mahkamah Agung, tersangka dengan barang bukti di bawah 5 gram dapat mengajukan rehabilitasi. Chris memperkirakan, kandungan ganja dalam rokok Iwa tak sampai 2 gram. Pihak polres maupun penasihat hukum belum tahu kapan hasil puslabfor keluar. Iwa hanya berharap secepat mungkin agar segera bisa mengajukan assessment.

Chris juga menceritakan kondisi Iwa. Menurut dia, raper 46 tahun itu tampak jauh lebih baik dibanding hari pertama penangkapan. Dia memang sempat terpuruk. Namun, dukungan dari keluarga dan teman-teman menguatkan Iwa. Istri Iwa, Wikan Resminingtyas, juga sudah menjenguknya Sabtu malam lalu.

’’Dia (Iwa, Red) menangis di depan saya,’’ ucap Chris. ’’Dia juga titip pesan kepada fans soal penyesalannya karena sering kampanye antinarkoba. Dia sangat menyesal dan berharap setelah kasus ini selesai, dia bisa produktif lagi menciptakan lagu. Ini benar-benar jadi pelajaran buat dia,’’ paparnya.

Sebagaimana diberitakan, Iwa mendapatkan rokok berganja tersebut dari seorang kenalannya berinisial Y. Sampai saat ini, status Iwa masih sebagai saksi sampai penyidik mendapat keterangan dari Y yang kini masih buron. (glo/c17/na/jpg)



loading...

Feeds