Kisah Mbak Gotho, Manusia Tertua di Dunia Asal Sragen, Meninggal di Usia 146 Tahun


JPNN.COM / Daerah / Jateng / Manusia Tertua di Dunia Meninggal, Selamat Jalan Mbah Gotho...
Manusia Tertua di Dunia Meninggal, Selamat Jalan Mbah Gotho...
Senin, 01 Mei 2017 – 15:15 WIB
Manusia Tertua di Dunia Meninggal, Selamat Jalan Mbah Gotho... - JPNN.COM

Mbah Gotho. Foto: rexfeatures-thesun

JPNN.COM / Daerah / Jateng / Manusia Tertua di Dunia Meninggal, Selamat Jalan Mbah Gotho... Manusia Tertua di Dunia Meninggal, Selamat Jalan Mbah Gotho... Senin, 01 Mei 2017 – 15:15 WIB Manusia Tertua di Dunia Meninggal, Selamat Jalan Mbah Gotho... - JPNN.COM Mbah Gotho. Foto: rexfeatures-thesun

POJOKSUMUT.com, SRAGEN-Suparman Sodimejo dikenal sebagai Mbah Gotho meninggal dunia di usia 146, kemarin (30/4/2017).

Selepas magrib Minggu kemarin, kediamannya di Dukuh Segeran, Desa Cemeng, Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah, pun ramai dikunjungi tetangga. Mbah Gotho meninggal sekira pukul 17.30 dan dimakamkan hari ini (1/5/2017).

”Benar beliau (Mbah Gotho,Red) meninggal karena memang usia lanjut. Meninggal di rumahnya, ditemani cucu-cucunya. Rapat pihak keluarga akan dimakamkan besok (hari ini, Red),” ujar Camat Sambungmacan Joko Suratno kepada Jawa Pos Radar Solo.

Sebelumnya, Mbah Gotho sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soehadi Prijonegoro Sragen karena tidak mau makan. Setelah beberapa hari dirawat di ruang Wijaya Kusuma nomor 10, kondisi Mbah Gotho membaik dan diperbolehkan pulang. Namun, ternyata Tuhan berkehendak lain.

Sebelumnya, hasil pemeriksaan medis, kadar hemoglobin Mbah Gotho turun. Oleh dokter yang merawatnya Lulus, Mbah Gotho diberikan transfusi darah sebanyak dua kantong. “Untuk meningkatkan kadar hemoglobin,” jelas Lulus.

Suryono, cucu Mbah Goto menuturkan, kakeknya tidak banyak mengeluh sakit selain hanya merasa lemas. “Sudah kami minta untuk tidak merokok,” ujarnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Sragen Wahyu Lwiyanto belum bisa memastikan validitas usia Mbah Gotho. Dispendukcapil tidak menemukan dokumen pendukung data kependudukan yang mencatat kelahiran Mbah Gotho.



loading...

Feeds