UMSU Yudisium dan Ambil Sumpah Lulusan Dokter Muda

Rektor UMSU, Dr Agussani MAP saat prosesi yudisium dan pengangkatan sumpah dokter Angkatan X, di aula gedung baru kampus tersebut Jalan Gedung Arca Medan, akhir pekan lalu.
fir/pojoksumut.

Rektor UMSU, Dr Agussani MAP saat prosesi yudisium dan pengangkatan sumpah dokter Angkatan X, di aula gedung baru kampus tersebut Jalan Gedung Arca Medan, akhir pekan lalu. fir/pojoksumut.

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Fakultas Kedokteran (FK) UMSU melakukan prosesi yudisium dan pengangkatan sumpah dokter Angkatan X, di aula gedung baru kampus tersebut Jalan Gedung Arca Medan, akhir pekan lalu. Sebanyak 13 mahasiswa dinyatakan lulus dan berhak mengikuti prosesi tersebut.

Rektor UMSU, Dr Agussani MAP mengatakan, yudisium dan pengangkatan sumpah dokter merupakan satu kebanggaan tersendiri karena mereka yang mengikuti prosesi tersebut berhasil lolos seleksi ujian kompetensi mahasiswa pendidikan profesi dokter (UKMPPD) yang dilaksanakan secara nasional.

Hasil UKMPPD tersebut, lanjutnya bisa menjadi salah satu bukti kualitas pendidikan kedokteran yang dilaksanakan di fakultas.

Menurut dia, FK UMSU sejauh ini telah sukses membawa nama baik universitas dengan berbagai prestasi yang berhasil diraih baik di tingkatan dosen maupun mahasiswa. Terbaru, mahasiswa FK UMSU atas nama Muhammad Al Anas terpilih sebagai terbaik pertama mahasiswa berprestasi 2017 tingkat Kopertis Wilayah I.

Sukses yang diraih FK UMSU ini tentunya tak lepas dari proses pendidikan yang dilakukan. Tak bisa dipungkiri kemajuan FK UMSU ini juga merupakan hasil perjuangan dari para senior terdahulu.

“Kami memberikan apresiasi kepada pimpinan fakultas atas dasar rasa kebersamaan dan juga dedikasi pada universitas. Bangun terus kebersamaan dan raih terus prestasi,” tutur Agussani.

Diutarakannya, saat ini UMSU sedang konsen dalam peningkatan kualitas pendidikan dan fasilitas dengan mengikuti perkembangan-perkembangan secara internasional. Dalam konteks peningkatan kualitas saat ini 4 dokter lulusan UMSU tengah menjalani proses pendidikan untuk menjadi Dokter TNI. Selain itu, ia berharap semua pihak yang mengabdi bagi UMSU untuk terus melakukan inovasi-inovasi dengan penemuan-penemuan baru seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi.

“Sebuah kebanggan tersendiri bagi kita bila kedepannya nanti ada dokter bintang satu lulusan dari UMSU, dan lulusan UMSU tentunya dokter yang berbeda karena ia sebagai dokter islami dan menjadi pelopor penyambung lidah UMSU kepada masyarakat,” pungkasnya.

Dekan FK UMSU, dr Ade Taufik SpOG menyampaikan, bahwa ke-13 dokter yang disumpah ini merupakan mahasiswa yang telah berhasil lulus UKMPPD secara nasional diadakan Kemenristek Dikti Tahun 2017. Dengan demikian, FK UMSU yang berdiri sejak Tahun 2008 telah berhasil melahirkan sebanyak 118 dokter yang siap dan telah mengabdi ditengah-tengah masyarakat.

Dia menyebutkan, FK UMSU saat ini memiliki sebanyak 360 mahasiswa yang sedang menjalani proses belajar. Selain itu, 237 mahasiswa sedang menjalani pendidikan profesi di beberapa rumah sakit di Sumut dan 55 mahasiswa dalam tahap pembekalan uji kompetensi.

“Untuk tanggal 12 Mei 2017 mendatang sejumlah 37 mahasiswa kita akan menyusul ikut pembekalan uji kompetensi,” tambah Ade Taufik. Ia menambahkan, kepada para dokter yang baru disumpah agar menjadikan profesi dokter bukan hanya sebagai pekerjaan semata tetapi lebih utama sebagai ladang ibadah. Diharapkan, saat berperan ditengah masyarakat nantinya, para dokter ini dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pasiennya.

“Kelulusan ini adalah tahap pertama bagi anda, dan proses anda masihlah panjang. Sehingga, kami berharap agar saat diluar sana, saat menjalani proses panjang tersebut semua lulusan kedokteran dapat menjaga nama baik UMSU dengan mengikuti semua peraturan yang diterapkan,” imbuhnya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds