Panitia UN SMA/SMK Sumut Lambat, Belum Umumkan Hasil Rekapitulasi

Ilustrasi UN. Hari ini hasil UN SMP diumukan

Ilustrasi UN. Hari ini hasil UN SMP diumukan

POJOKSUMUT.com, MEDAN– Hingga Rabu (3/5/2016), panitia ujian nasional (UN) SMA/SMK Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Utara (Sumut) mengaku, belum juga mengetahui rekapitulasi hasil UN siswa.
Padahal, nilai UN tersebut sangat penting dipegang Disdik sebagai bahan pemetaan kualitas pendidikan di Sumut.
Pengamat pendidikan Sumut, Prof Syaiful Sagala menilai, kerja panitia UN Sumut 2017 lambat.

 

Harusnya Disdik sudah memegang analisis rekapitulasi hasil UN sebelum nilai diumumkan di sekolah.
Sehingga saat kelulusan sekolah diumumkan, Disdik juga sekaligus bisa memaparkan hasil analisisnya terkait nilai UN siswa.
“Harusnya dibentuk tim untuk menganalisis nilai UN. Sehingga bisa langsung bekerja menganalisis nilai setelah diterima dari Kemendiknas. Tidak perlu menunggu hasil kelulusan siswa lagi,” tuturnya di Medan, Rabu (3/5/2016).

Dari rekapitulasi, jelas Prof Syaiful, bisa didapatkan daerah mana saja yang nilainya rendah, untuk mata pelajaran apa saja. Dari hasil yang didapatkan, dapat dibuat segera program peningkatan kualitas guru. Sehingga kebijakan per provinsi bisa dilakukan.
“Mungkin dia (panitia UN 2017) tidak membentuk tim untuk menganalisis itu. Sehingga tidak bisa secepatnya diketahui daerah mana yang unggul,” tukasnya.
Analisis hasil UN, tutur Guru Besar Universitas Negeri Medan (Unimed) ini, jangan hanya dikerjakan oleh satu atau dua orang saja. Harus dibagi zonanya seperti memeriksa hasil pemilihan umum. Sehingga didapatkan daerah mana saja yang kualitas pendidikannya perlu ditingkatkan. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds